Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perhatikan Ini jika Mau Menyewa Mobil untuk Mudik

Ghulam Muhammad Nayazri - Rabu, 8 Juli 2015 | 15:04 WIB

Jakarta, Otomania — Mudik dengan kendaraan pribadi sudah jadi favorit meski akan menguras tenaga, walaupun kebersamaan jadi prioritas. Bahkan, mereka yang tidak memiliki kendaraan sendiri biasanya bela-belain untuk menyewa di rental mobil. Nah, Anda yang mau menyewa kendaraan harus lebih waspada dalam memilih mobil, terutama terkait dengan kondisi terakhir.

Saiful Anwar, Wakil Kepala Bengkel Plaza Toyota Pemuda, mengingatkan, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membawa mobil rental. Pengecekan tersebut dimaksudkan agar kendaraan tidak ada kendala di jalan.

"Kalau menggunakan mobil sendiri mah biasanya sudah tahu benar apa yang harus dilakukan, jadi lebih aman. Namun, untuk mobil rental, ada baiknya untuk lakukan pemeriksaan awal untuk antisipasi," ujar Saiful kepada Otomania, Selasa (7/7/2015).

Pertama, lanjut Saiful, adalah periksa malfunction indicator lamp (MIL) apakah semua berfungsi atau tidak. Ketika kunci kontak diputar ke posisi ON, maka semua lampu MIL akan menyala. Tunggu setelah 5 sampai 10 detik, apakah ada lampu yang berkedip. Jika ada, maka bisa dipastikan ada gangguan pada bagian itu.

Kemudian, nyalakan semua lampu (lampu sein, lampu utama jauh dan dekat, hazard, dim, kabut, dan lampu kabin), radio, AC, serta mainkan power window. Lalu cek karet wiper dengan menyemprotkan air dari dalam mobil. Apakah karet wiper berfungsi menyapu sisa air di permukaan kaca dengan baik atau tidak.

"Setelah lampu dinyalakan, jangan lupa periksa keluar, pastikan semuanya menyala dengan baik karena lampu merupakan salah satu peranti keselamatan," ujar Saiful.

Yang ketiga, yang umum atau biasa dilakukan, adalah mengecek batas level oli mesin, cairan radiator, air wiper, dan air aki. Kalau mobil matik, cek kondisi oli transmisinya. Semua harus dalam batasan yang ideal. Periksa soket-soket yang ada di kabin mesin karena biasanya ada yang rusak karena digigit tikus atau penyebab lainnya.

Keempat, kembali ke dalam mobil dan rasakan apakah pendingin ruangan terasa dingin atau tidak. Jika tidak, maka kemungkinan ada dua penyebab, yaitu kebocoran freon atau kerusakan pada motor kipas. Kemudian nyalakan mesin, tunggu sekitar 30 menit atau satu jam, lihat temperatur mesin, apakah terus meningkat atau tidak. Jika tidak ada tanda-tanda stabil, maka periksa radiator dan motor kipas, cek apakah terjadi kerusakan.

"Bukan hanya akan tertunda, momen Lebaran juga akan sangat mengecewakan jika kendaraan terkendala di jalan. Jadi, periksa baik-baik saat kita akan menggunakan mobil rental, atau bawa ke bengkel terlebih dahulu untuk servis. Pernah ada satu kejadian, mobil yang digunakan klien, head mesinnya pecah karena si pemilik rental lupa mengganti oli mesin setelah 20.000 kilometer. Jadi, perlu waspada," ujar Saiful.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa