Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Asal Beli Moge, Utamakan Kenyamanan

Ghulam Muhammad Nayazri - Jumat, 26 Juni 2015 | 13:48 WIB

Jakarta, Otomania - Sepeda motor bermesin besar (moge) bisa dibilang merupakan impian semua biker. Semakin banyaknya merek dan model yang meramaikan pasar domestik Indonesia membuat dahaga ingin memiliki semakin deras.

Alfa yang  merupakan founding father Motor Besar Club Jakarta berbagi tips bagi para konsumen baru yang mau membeli moge. Tips ini sederhana, tapi cukup mengena.

Pertama, jangan pernah latah ketika memutuskan akan membeli, tapi pikirkan matang-matang sebelum mengeluarkan uang. Pertimbangan pertama adalah sesuaikan budget dengan kendaraan yang akan dipilih, namun dengan tidak menurunkan kualitas spek. Sehingga dana yang keluar tidak menjadi sia-sia. Jika perlu tambahkan budget untuk mendapatkan kenyamanan.

"Hal yang paling mendasar budget, namun jangan gara-gara budget mengorbankan kenyamanan. Seperti misalnya ada yang berfikir dan ini sebenarnya salah, 'yang penting punya moge', tidak boleh seperti itu. Lebih baik lagi jika budget tanpa batas, jadi tinggal cari yang nyaman saja," ujar Alfa, Kamis (26/6/2015).

Kedua, lanjut Alfa, yaitu dengan melihat fitur-fitur kenyamanan pada motor besar tersebut. Seperti kaki-kaki, suspensi, dan yang terpenting adalah sistem pengereman. Karena standar moge memang memiliki kubikasi mesin yang besar jadi, jangan hanya pikirkan bagaimana memacu kecepatan tapi juga pikirkan bagaimana sistem pengeremannya.

"Nyaman itu hal paling penting saat memilih moge, karena berkaitan juga dengan keamanan. Kubikasi besar namun pengereman tidak bagus, akan sangat berbahaya. Juga dengan suspensi serta kaki-kaki, karena umumnya motor jenis ini memiliki bobot yang berat. Selain itu baru handling," ujar Alfa.

Setelah itu baru pikirkan matang-matang kubikasi yang cocok untuk digunakan. "Sangat sayang kalau beli yang 1000 cc tapi bawanya hanya 40kpj, mending beli yang 400cc tapi bawanya 40 kpj, seperti itu misalnya. Karena perbedaan kapasitas mesin juga bepengaruh terhadap harga, jadi efisiensi lah," kata Alfa.

Terkait dengan servis, Alfa mengatakan, bahwa kebanyakan orang membeli motor besar sudah pasti memilki dana lebih maupun dana-dana sisa. Oleh karena itu service sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi, hanya tinggal siapkan dananya saja.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa