Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Merawat Bodi "Moge" biar Tetap "Kinclong"

Ghulam Muhammad Nayazri - Minggu, 28 Juni 2015 | 03:57 WIB

Jakarta, Otomania - Memiliki sepeda motor dengan banderol ratusan juta rupiah, tentu bukan barang sembarangan. Anda harus sangat hati-hati dalam merawatnya, tidak bisa sembarangan. Apalagi memperlakukan bodi, jika salah langkah warna justru akan cepat pudar atau muncul baret baret tipis sehingga tampilan jadi kusam.

Alfa pemilik bengkel moge Panglima Indonesia, mengatakan bahwa terkait dengan perawatan bodi, tidak perlu berlebihan. Langkah perwatan yang umum dilakukan pemilik adalah dengan pemolesan menggunakan cairan khusus. Melakukan hal ini, perlu hati-hati apalagi memoles bodi dengan bahan oles yang kasar, justru akan mengikis lapisan pernis maupun cat.

"Maksudnya dipoles itu melakukan adalah melakukan penekanan dengan maksud membuat bodi jadi mengkilat, atau dengan dielus. Sekali mungkin tidak masalah atau lebih bagus, tidak usah sama sekali karena upaya ini justru yang menjadikan warna cepat kusam," ujar Alfa kepada Otomania, Jumat (26/6/2015).

Selain itu, lanjut Alfa, jangan pernah menggunakan kemoceng ketika motor dalam keadaan berdebu. Karena kemoceng sendiri masih masik menyimpan debu lama yang mungkin mengeras; Ketika diusap pada bodi, kotoran yang mengeras akan bisa membuat goresan-goresan tipis pada bodi Meski kecil cukup mengggangu mata.

 "Saya sering melihat banyak yang menggunakan kemoceng, meski hanya untuk menghilangkan debu. Ini juga langkah yang salah, pasalnya akan membuat bodi tergores-gores. Sebaiknya pergunakan lap basah, memang agak lama dan sedikit repot namun itu lebih baik," ujar Alfa.

Alfa menyimpulkan bahwa dalam merawat bodi moge cukup dengan lap basah saja untuk menghilangkan kotoran-kotoran. Selain itu jika ingin lebih mengkilat, jangan dipoles keras, tapi cukup dengan memberikan lapisan wax. Salah satu pilhannya Turtle Wax yang cukup direkomendasikan. Ini sebenarnya berlaku tidak hanya untuk moge tapi juga sepeda motor lainnya.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa