Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Melintasi Tol Cipali pada Siang Hari, Perhatikan Ini!

Stanly Ravel - Minggu, 21 Juni 2015 | 07:01 WIB
No caption
No credit
No caption
Jakarta, Otomania - Setelah membahas perjalanan melintasi Tol Cipali di malam hari, giliran membeberkan rute balik dari Palimanan menuju Cikopo di waktu siang. Meski tak lagi mengandalkan pancahayaan seperti berjalan di malam, tapi berkendara pada siang hari pun tetap harus waspada terhadap beberapa hal penting, karena cukup fatal bila Anda hiraukan.

BBM dan Logistik

Saat Otomania melintas dari Palimanan menuju Cikopo, beberapa lokasi rest area yang dilalui masih dalam tahap pembanggunan dan belum beroperasi. Hal terpenting yang wajib Anda perhatikan adalah ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) pada kendaraan. Jika dirasa kurang, sebaiknya sebelum masuk tol mencari SPBU terdekat untuk mengisi ulang.

Perhatikan meski konsumsi BBM relatif lebih irit jika berkendara di tol karena kecepatan stabil, kondisi sepanjang tol cenderung gersang. Belum banyak hijau pepohonan menghiasi sisi jalan. Artinya, jika kondisi cuaca cerah, hawa panas akan menghadang, sehingga penggunaan pendingin ruangan (Air Conditioner/AC) jadi andalan. Besaran hembusan angin AC juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM.


Selain itu, urusan ketersediaan logistik, seperti makanan ringan atau minuman juga perlu diperhatikan, terutama bagi mereka yang tidak berpuasa. Belum beroperasinya rest area yang ada di sepanjang Palimanan-Cikopo, maka jangan harap Anda bisa menemui mini mart atau warung penjaja makanan atau minuman ringan. Perlengkapi diri Anda dengan logistik yang cukup sebelum masuk tol.

Ban

Hal lain yang patut diperhatikan selama melintasi Tol Cipali di waktu siang, adalah kondisi ban. Terik matahari akan membuat suhu aspal jadi panas, sehingga gesekan yang dialami ban jadi lebih berat. Tekanan angin pada ban yang kurang atau berlebih justru bisa membahayakan perjalanan Anda. Di sepanjang perjalanan, kami juga sempat melihat banyak serpihan-serpihan ban, membuktikan kalau pernah terjadi kecelakaan terkait kondisi ban.


Stanly
Kacamata Hitam

Waktu menunjukkan pukul 12.30 WIB, ketika Otomania melintasi tol terpanjang di Indonesia ini. Terik matahari ternyata cukup menguras tenaga ketika berkendara. Kondisi mata sesekali harus mengerut karena menyilaukan, sehingga Anda bisa mudah lelah dan kurang fokus di balik kemudi.

Salah satu solusi yang bisa membantu dalam kondisi ini, adalah dengan memanfaatkan penggunaan kacamata hitam. Teriknya matahari bahkan beberapa kali menciptakan efek fatamorgana di ujung jalan, memaksa pengemudi jadi lebih waspada.

Ritme

Kondisi aspal yang masih baru dan mulus kerap membuat pengemudi terdorong untuk memacu kendaraan jadi lebih cepat. Apalagi, Tol Cipali didominasi dengan jalur-jalur lurus yang panjang. Hindari keinginan ini!

Tetap jaga ritme laju kendaraan Anda sesuai batas kecepatan yang berlaku di tol, 60-100 kpj. Pastikan jarak aman dengan kendaraan di depan, minimal dua detik, sebagai batas kompensasi pengereman jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Paling penting, hindari bahu jalan dan menyusul kendaraan lain dari sisi kiri, karena berakibat fatal.


Satu catatan penting, terdapat beberapa titik sambungan jalan antara lapisan aspal dan beton. Rongga antara kedua lapisan ini cukup rapat dan aman dilalui, selama kecepatan kendaraan tetap stabil.

Sepanjang perjalanan balik dari Palimanan menuju Cikopo, terdapat beberapa jembatan yang dilalui. Selain itu, akses jalan ini dikelilingi oleh areal persawahan yang rata. Kondisi geografis ini, membuat angin yang berhembus di daerah ini cukup kencang, sehingga fokus dan pengendalian kendaraan wajib diperhatikan lebih seksama.


Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa