Ragam Pilihan Pelek buat Mobil Murah

Stanly Ravel - Senin, 25 Mei 2015 | 17:19 WIB
Jakarta, Otomania - Di antara mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) sektor kaki-kaki Datsun Go memang yang menjadi sorotan utama, lebih tepatnya pada model pelek yang sangat minimalis karena hanya berupa kaleng yang terbungkus dengan dop sebagai pemanis.

Menyiasati hal ini, kebanyakan dari para pemilik mobil pun mengganti pelek sendiri dengan produk-produk aftermarket. Otomania punya sedikit informasi mengenai pelek-pelek yang bisa diadopsi para pemilik Datsun untuk mengubah tampilan mobil makin ganteng.

"Kalau harian diganti dengan ukuran sampai 15 inci masih aman, pilihannya model replikanya juga banyak, seperti yang kita jual disini dari HSR," ungkap Fendy dari Tirta Motor Sport yang berlokasi di Mampang Perapatan, Jl. Kapten Tendean - Jakarta Selatan.

HSR merupakan produk keluaran Taiwan, kebanyak pelek ini yang diadopsi oleh para pemiliki mobil murah layaknya Datsun Go untuk mengganti pelek sederhana bawaan pabrik. Bicara soal motif dan harga tentu berbeda-beda, tergantung pilihan dan selera.

"Biasanya konsumen disini anak muda dan bapak-bapak. Mereka lebih ke pelek harian. Tapi kalau mau yang lebih ekstrem kita juga punya pilihannya, mulai dari ring 16 ke atas," tambahnya.

Selebihnya dikatakan bahwa memang untuk dimensi yang lebih besar ada risikonya, seperti mentok dengan fender. Hal ini biasanya diakali melalui kaki-kakinya seperti pada suspensi dengan karet aftermarket atau menganti profil ban dengan yang tipis supaya tidak mentok.

Tapi yang perlu diketahui adalah, dengan mengganti pelek biasanya beban mobil akan bertambah yang juga berimbas pada sisi konsumsi bahan bakar. Hal yang paling krusial adalah hilangnya garansi dari pabrikan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa