Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Mudah Tingkatkan Kesenyapan Kabin Datsun Go

Stanly Ravel - Senin, 18 Mei 2015 | 09:14 WIB
Jakarta, Otomania - Bukan hal baru bahwa mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah tingkat kesenyapan kabin. Seperti yang terjadi pada Datsun Go.

Dari faktor kenyamanan kabin, tingkat kesenyapkan kabin Datsun Go tidak terlalu maksimal. Terlebih saat berkendara di atas kecepatan 60 kpj. Hal ini bisa dimaklumi karena penggunaan material interior yang di bawah standar mobil biasa.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah tingkat kesenyapan kabin. Paling umum dilakukan adalah menambah peredam di beberapa sektor kabin, guna meminimalisasikan suara dari luar.

"Paling efektif dengan menambahkan peredam. Umumnya ada empat tahapan yang dapat dilapisi peredam, interior, plafon, under carriage dan firewall," ucap Eddie Soesanto Marketing & Communication Cartens Autosound & Installations yang bermarkas di Pusat Niaga Duta Mas Fatmawati Ruko Blok D2 No 22, Jakarta Selatan.

Bahan peredam yang biasa digunakan berupa butyl rubber dengan ketebalan mulai dari 2 mm-3 mm per lembar. Nah, untuk tiap tahapan ketebalan membutuhkan lembaran peredam berbeda-beda.

Pada tahap satu yaitu interior dan tiap pintu, kurang lebih membutuhkan 45 lembar. Di tahap dua atau atap (plafon) sekitar delapan lembar. Lanjut ketahap tiga di sektor bawah dan under carriage, penggunan lapisan bisa mencapai 12 lembar. Sedangkan tahap akhir yaitu firewall belakang dashboard kurang lebih 10 lembar.

"Untuk lebih maksimalkannya lagi, setelah memasang peredam lebih baik diikuti dengan mengganti karet-karet pintu dengan bahan yang kenyal atau padat supaya pintu tertutup rapat," tutup Eddie.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa