Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Maksimal Mengenal "Head Unit 2 DIN"

Stanly Ravel - Sabtu, 16 Mei 2015 | 14:02 WIB

Jakarta, Otomania – Hampir semua mobil lansiran terbaru dengan banderol di atas Rp 180 jutaan sudah dilengkapi dengan head unit double DIN. Namun, sampai saat ini, ternyata masih banyak konsumen yang belum bisa memaksimalkan kegunaan kelengkapan standar mobil ini, apalagi mengoptimalkan fitur yang ada .

Sebelum membahas jauh, simak dulu pengertian sederhana mengenai audio double DIN itu sendiri.  Audio double DIN memiliki ukuran panel 180 x 100 milimeter, DIN merupakan singkatan dari Deutsche Institut fur Normung yang merupakan standar ukuran head unit di seluruh dunia. Nah, agar produk head unit double DIN bisa digunakan, produsen mobil harus mengikuti standar tersebut.

Pada umumnya fitur pada audio double DIN standar sudah menyediakan pengaturan Equalizer sederhana yang didapat dilihat dari fasilitas treble, bass, dan loudnes. Fungsi dari ketiga fitur ini untuk mengatur suara yang dianggap nyaman disemua lini frekuensi. Tentunya, bisa disesuaikan menurut masing-masing selera kuping pengguna kendaraan.

Beberapa fasilitas yang umumnya ada pada perangkat audio Double DIN sendiri berupa :

Fasilitas Aux-In

Umumnya pada mobil baru audionya sudah memiliki konektor auxiliary input (aux-in) yang berfungsi menyambungkan peranti tambahan ke head unit. Piranti ini dibuat terpisah dengan panel head unit, bisa berupa alat pemutar musik digital (MP3) atau ponsel pintar. Penambahan konektor aux-in pada sistem audio mobil standar merupakan pengembangan dari head unit yang saat ini umumnya sudah berbasis Windows media audio sebagai sistem operasinya.

Support Multimedia

Dari beragam fitur yang disajikan, fitur ini yang umumnya cukup disukai. Lewat tampilan head unit standar dengan kemampuan layar sentuh memudahkan anda menggunakan seluruh fasilitas yang sudah tersedia. Apalagi kalau sistem audio sudah memiliki jumlah pixel lebih rapat, sehiangga gambar yang dihasilkan lebih tajam. Fitur ini bisa menunjang melakukan berbagai kegiatan, mulai dari nonton film atau siaran TV.

Pairing Ponsel

Fitur ini lekat kaitannya dengan meningkatkan keselamatan di jalan. Pastikan Anda melakukan pairing (mengaitkan) ponsel Anda dengan head unit sebelum mengemudi, biasanya menggunakan sambungan nirkabel, Bluetooth. Hal ini akan memudahkan pengemudi ketika harus melakukan atau menerima panggilan telepon ketika berkendara. Biasanya, fitur ini juga dilengkapi fasilitas phonebook juga bisa diakses lewat head unit yang intinya makin memudahkan konsumen ketika mau menelpon kontak yang ada di data ponsel.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa