Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wajib Lakukan Ini Sebelum Berkendara Sepeda Motor

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 11 Mei 2015 | 09:42 WIB

Jakarta, Otomania - Pemanasan dan pelenturan otot bukan hanya harus dilakukan sebelum berolahraga. Kegiatan ini juga wajib dilakukan sebelum berkendara, khususnya sepeda motor. Dibutuhkan beberapa gerakan pelenturan untuk meningkatkan kesadaran dan memaksimalkan koordinasi fungsi tubuh dan otak.

"Sangat tidak baik jika seketika setelah bangun tidur langsung mengendarai sepeda motor. Seharusnya terlebih dahulu melakukan pelenturan badan secukupnya, sadarkan diri sepenuhnya, kemudian baru kendarai kendaraan," ujar Umum Santoro Trainer Safety Riding Center di Yogjakarta, Minggu (10/5/2015).

Umum menambahkan, pemanasan dan pelenturan badan dilakukan sangat sederhana, hanya dengan mengerakkan sedikit kepala kekanan kekiri, kemudian secara berurutan menggerakkan pundak, tangan dan selanjutnya kaki.

"Harusnya ada sedikit jeda atau transisi ketika kita akan memindahkan tubuh kita dari posisi statis ke posisi bergerak, dengan secara perlahan lahan dan bertahap. Jika tidak seperti itu, maka akan menyebabkan koordinasi tubuh berantakan karena kaget, atau aliran darah belum lancar, sehingga kehilangan konsentrasi dan kemampuan berpikir yang lemah," tandas Umum.

Setidaknya dengan melakukan pemanasan, pengendara sepeda motor telah mengurangi 50 persen faktor penyebab kecelakaan yang berasal dari dalam diri. Dengan itu analisa terhadap situasi menjadi lebih tajam, apa yang harus dilakukan menjadi benar dan keputusan akhir harus berbuat dalam suatu situasi menjadi sempurna.

"Ketenangan, konsentrasi dan kemampuan harus dirawat dengan baik. 50 persen kecelakaan disebabkan oleh analisa dan konsentrasi yang buruk. Jika analisa saja sudah buruk bagaimana dengan tindakannya, bisa lebih parah," jelas Umum.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa