Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lampu LED Ramai Dicari Pengguna Sepeda Motor

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 28 April 2015 | 18:57 WIB
Jakarta, Otomania - Pengguna sepeda motor kini sedang ramai menggunakan lampu LED (Light Emiting Diode) sebagai pengganti bohlam. Selain karena lebih terang, LED juga dikatakan lebih awet.

"Sekarang sudah zamannya LED, udah enggak main lagi lampu bohlam. Lebih terang cahayanya dan awet juga," ujar Koh Apod dari Arion Motor, Sentra Penjualan Aksesori di Jalan Kebon Jeruk III no 44.

Hal serupa dikemukakan Amin dari Perkasa Motor, headlamp LED lebih banyak dipilih karena selain lebih terang, juga memiliki daya listrik yang relatif lebih kecil dari jenis bohlam. BEberpa pelanggan kerap mengganti cahaya kuning jadi putih.

"Untuk motor-motor sekarang udah kebanyakan pake LED namun warnanya kuning, dan produk after market tersedia warna putih," ujar Amin.

Ada beberapa pilihan, Cr7, Ons, dan Rtd. Banderol sama Rp 145.000, sedangkan untuk merek Modis Rp 155.000. Untuk motor lama yang sistem kelistrikannya belum sepenuhnya menggunakan model DC, jika ingin ganti LED pastikan arus listriknya diubah.

"Lampu LED biasanya pake arus listrik dari aki yang sudah DC. Bukan yang dari spul dengan arus AC, maka dari itu jika motor lama yang belum DC, bisa lebih dahulu diubah arusnya agar bisa dipasang lampu LED," ujar Apod Arion Motor.

Jika agak sulit untuk memasang sendiri,  bisa langsung dipasangkan, dan untuk ongkos pemasangan sekaligus dengan merubah arus jika diperlukan, dikenakan biaya sekitar Rp 50.000.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa