Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada Aksesori Mobil yang Berbahaya

Aris F Harvenda - Selasa, 21 April 2015 | 13:32 WIB
Jakarta, Otomania - Modifikasi menggunakan aksesori memang bisa membuat tampilan mobil jadi lebih keren. Namun jangan sampai komponen tersebut malah menimbulkan bahaya bagi pengemudi, berpotensi sebagai penyebab kecelakaan. Berikut penuturan Imam Choiri, punggawa Bengkel modifikasi AP Speed.

Audio

Desain subwoofer berlebihan dan dan speaker depan yang ditempel pada pilar A bisa menegurangi area pandang pengemudi. Selain berbahaya bisa membuat kondisi tidak nyaman.
Paling bahaya adalah jika volume terlalu keras. Sebab bisa menyarukan suara klakson dari mobil lain. Begitu pula ketika melewati perlintasan kereta, alarm peringatan jadi tidak terdengar.

"Kalau memang ingin memiliki kualitas audio yang bagus, sebaiknya juga mempertimbangkan segi estetika ruang. Plus penyesuaian setelan arus listrik agar tidak merusak komponen lain seperti aki dan komputer karena naik-turun arus," terang Apre.

Monitor

Sebagai sarana hiburan, ada monitor di kabin cukup menyenangkan, karena bisa menghilangkan kejenuhan dengan menonoton film kesayangan. Namun sarana tersebut sangat tidak disarankan untuk dinikmati pengemudi. Sebab punya potensi bahaya sama dengan menelpon atau mengirim pesan singkat.

Karena tayangan yang tersaji bakal menyita perhatian dan konsentrasi pengemudi. Sebaiknya jangan letakkan TV di baris depan. Untuk mobil mewah biasanya monitor depan baru bisa ditonton saat mobil berhenti karena terkoneksi dengan sensor kecepatan.

Setir

Merubah setir dengan diamater lebih kecil dari bawaan pabrik - apalagi hingga di bawah 13 inci - akan berbahaya untuk mengontrol mobil. Apalagi untuk mobil yang belum dilengkapi power steering, pasti akan terasa lebih berat melakukan putaran.

Lampu

Sudah menjadi konvensi internasional warna sinyal lampu kendaraan dibuat baku. Pemakaian aksesori lampu yang tidak sesuai standar membuat orang salah pengertian dan bisa berakhir tabrakan. Maka jika ingin mengganti lampu dengan model yang trendi, pastikan cahaya yang dikeluarkan sama dengan fungsi baku.

Dasbor

Ada beberapa pajangan yang biasanya diletakkan di dasbor seperti pengharum mobil, tisu atau mainan. Bahayanya ketika barang tersebut berpindah atau jatuh. Kondisi tersebut biasanya membuat kita refleks untuk menangkap. Konsentrasi jelas akan terpecah dan tanpa disadari reaksi tersebut bisa menyebabkan kecelakaan.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa