Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Memodifikasi Kaki-kaki untuk Terampil "Garuk Tanah"

Aris F Harvenda - Senin, 20 April 2015 | 13:07 WIB
Jakarta, Otomania — Salah satu modifikator spesialis off-road asal Bandung, Daniel Zebedeus, punya cara khusus dalam meracik Cherokee XJ, untuk terampil saat menggaruk tanah. Spesialisasi tersebut ternyata dilandasi rasa suka yang mendalam pada XJ. Alasan utama karena model tersebut mengadopsi sasis yang kuat dan lentur, jarak poros roda 2.576 mm cocok digunakan “melibas” berbagai rintangan tanah. Selain itu, XJ gampang dicari dan harga relatif terjangkau.

Ada satu kekurangan menurut Daniel, "kaki" depan XJ menggunakan solid axle. Spesifikasi ini masih kurang mantap dibanding kontestan lain. Solusi dari masalah dijawab dengan lantang. Solid Axle dipensiunkan, diganti suspensi independen khusus buat roda depan.

Dalam keterangan resmi dari SMN Sport, pekan lalu, disebutkan, transformasi dari solid axle menjadi independen pada kaki depan Cherokee XJ diklaim sebagai yang pertama di dunia. Hal ini disimpulkan dari berbagai komentar di forum khusus off-road dan Cherokee.

Mesin

Ubahan ekstrem tidak hanya itu. Di bagian mesin, mesin asli 6-silinder segaris, 4.0L diganti memakai mesin Toyota 1JZ 6-silinder segaris, 2.5L, yang sudah dilengkapi turbocharger. Kemampuannya bertambah dua kali lipat, tenaga sekarang sekitar 300-350 PS.

Cherokee XJ milik Daniel yang bergabung di tim 7Saudara akan bertanding di putaran ke-4 Indonesia eXtreme Offroad Racing yang akan berlangsung pada 13-14 September mendatang di Sirkuit Offroad Gedongombo Semanding, Tuban, Jawa Timur.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa