Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Benar Dirikan Sepeda Motor yang Terjatuh

Aris F Harvenda - Rabu, 15 April 2015 | 15:15 WIB
Bogor, Otomania — Mendirikan sepeda motor saat terjatuh bisa merepotkan jika salah melakukannya. Apalagi jika bobot motor cukup berat (di atas 100 kg). Diperlukan teknik khusus agar penggunaan tenaga efektif sekaligus menghindari cedera.

Instruktur Yamaha Riding Academy Robby Winaldy menuturkan, ada banyak cara untuk membangunkan sepeda motor dari posisi terjatuh. Namun, yang perlu diperhatikan adalah posisi tubuh dan titik pegangan.

"Satu tangan memegang ujung setang (handle kanan atau kiri), sedangkan foot step penumpang menggunakan tangan yang satunya. Cara ini bisa digunakan pada hampir sebagian besar jenis motor," ujar Robby.

Hal lain yang penting dilakukan, kuda-kuda sebelum mulai membangunkan motor. Posisi tubuh menghadap sisi sepeda motor, lalu setengah jongkok dengan tumpuan kaki terkuat di bagian depan.

"Gerakan saat membangunkan, dorong ke depan lalu angkat. Misalkan dari sebelah kanan, biarkan setang belok mentok ke arah dalam, atau sebaliknya," urai Robby.

Dia juga menjelaskan bahwa ada cara lain yang bisa digunakan untuk sepeda motor dengan cc lebih besar dengan bobot yang bisa jadi dua kali lebih berat. Posisi badan tetap sama, tetapi tumpuan angkat berada di ujung setang menggunakan kedua tangan.

"Tentu usahanya lebih besar kalau sepeda motornya lebih berat. Namun, ini bisa mudah dilakukan bila tekniknya benar," pungkas Robby.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa