Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fitur Keamanan Penting untuk Sepeda Motor

Aris F Harvenda - Senin, 13 April 2015 | 10:20 WIB
Jakarta, Otomania – Biasanya produsen sepeda motor kurang begitu memperhatikan kelengkapan keamanan di beberapa model karena terkait soal harga jual. Apalagi untuk jenis skutik. Jadi sulit rasanya mengharapkan peranti ABS pada sistem pengereman atau mungkin kontrol traksi.

Lalu lahirlah beberapa fitur pelengkap yang dirasa cukup membantu, terutama untuk para pengguna skutik. Fitur-fitur mempermudah pemakaian sekaligus meningkatkan keamanan pun mulai disematkan. Pengoperasiannya pun mudah sehingga pengemudi wanita pun bisa menggunakannya. Berikut detailnya...

1. Stand Switch. Semacam pengaman pada standar samping. Banyak pengendara yang lupa menaikkan kembali standar samping ketika mulai melaju dari parkir. Ini cukup berbahaya, terutama jika sedang berbelok ke kiri. Standar yang belum ”dilipat” akan menyentuh tanah dan membalikkan arah kemiringan. Potensi celaka cukup besar.

Melalui fitur ini, standar samping bisa menjadi switch on-off yang akan terhubung dengan kunci kontak dan kelistrikan. Ketika standar belum dikembalikan ke posisi tidak digunakan, sepeda motor tidak akan bisa dinyalakan.

2. Key Shutter. Fitur ini sudah lama digunakan pada sepeda motor sebagai pengaman kunci kontak. Terdapat semacam penutup yang terbuat dari bahan khusus. Untuk membukanya juga harus menggunakan pola khusus yang biasa diletakan di gagang kunci sebagai pemutar.

Memang, apa pun fitur keamanannya, bahkan kelas canggih dengan sistem komputer pun, masih bisa dibobol maling. Namun, paling tidak, dengan tambahan pengaman, maling lebih sulit membobol kunci setang sepeda motor.

3. Smart Lock. Biasanya fitur ini tertanam pada skutik. Namun tidak salah jika diterapkan juga pada sepeda motor jenis lain. Dengan mengaktifkan fitur ini, rem akan otomatis mengunci sebagai pengaman.

Fungsinya bermacam-macam, untuk menahan sepeda motor menggelinding ketika berhenti di persimpangan karena lampu merah, atau bisa juga digunakan untuk mengunci ketika parkir dalam keadaan jalan menanjak atau menurun.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa