Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ernest Prakasa Kena Virus "GATEL"

Stanly Ravel - Rabu, 21 Desember 2016 | 13:25 WIB

Jakarta, Otomania - Artis dan komedian Indonesia, Ernest Prakarsa, merasa khawatir dengan tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Jakarta. Karena itu, ia pun memberikan beberapa masukan seputar lalu lintas dan ikut mendukung Gerakan Tertib Berlalu Lintas (GATEL) yang dimotori Otomania.

Menurut Ernest, pemerintah wajib melakukan beberapa perubahan untuk menekan angka kecelakaan. Bukan hanya dari aturan dan regulasi tapi juga ajakan dan peninkatan fasilitas transportasi umum.

"Indonesia lebih besar dari negara tetangga kita, harus kita bisa lebih maju. Mungkin salah satunya bisa dengan membudayakan naik transportasi umum," ucap Ernest kepada Otomania di Jakarta, Senin (19/12/2016).

Menurut dia, pemerintah harus bisa memberikan sarana yang aman dan nyaman, sehingga masyarakat mau menggunakan transportasi publik. Selain itu, rute-rute juga harus dibuat spesifik sehingga bisa menjangkau semuanya.

"Bila transportasi nyaman mungkin orang tidak harus disuruh lagi, tapi sudah menjadi budaya yang mengakar. Efeknya, penggunaan mobil atau motor pribadi juga akan berkurang," kata pria berusaia 34 tahun ini.

Selain pemerintah, peran semua pihak juga penting untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas. Dengan adanya GATEL ini, Ernest berharap aka makin banyak kampanye safety riding atau driving yang mengarah ke tingkat-tingkat sekolah.


"Edukasi ke usia dini itu lebih penting, masyarakat, orang tua, dan semua instansi harus bisa memberikan pengarahan bagaimana dampak dari kecelakaan lalu lintas," ujar Ernest.

Kampanye GATEL sudah sering dilakukan oleh Otomania. Selain mengandeng komunitas, Otomania juga turun langsung ke jalan untuk mengkampanyekan berhenti di belakang garis.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa