Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pajak Sedan Bakal Turun, Angin Segar buat Produsen Otomotif

Irsyaad Wijaya - Selasa, 20 Februari 2018 | 07:20 WIB
Honda Civic Turbo Sedan banyak peminatnya
Rian/Otomotifnet
Honda Civic Turbo Sedan banyak peminatnya

Otomania.com - Pemerintah melalui Kementrian Perindustrian berencana merevisi atau masih mengkaji pajak mobil sedan. Alasannya, kendaraan roda empat jenis sedan saat ini masih termasuk dalam kategori barang mewah yang dikenakan pajak terlalu tinggi.

Tapi, hal itu tak serta merta bisa langsung dijalankan, karena masih menunggu persetujuan dari Kementrian Keuangan dalam hal ini Menteri Sri Mulyani. Penerapan pajak yang terlalu tinggi, berakibat pada melorotnya angka penjualan salah satu jenis mobil ini.

"Dari segi industri, Pak Menteri Perindustrian mengatakan bahwa kendaraan sedan bukan lagi kendaraan luxurious (mewah). Untuk itu, skema dari sisi insentif pajak atau rezim pajaknya akan disesuaikan dengan kebutuhan strategi industri dalam negeri," tutur Sri Mulyani seperti dikutip dari kompas.com.

Sekadar informasi, pajak sedan mini berkubikasi 1.500 cc dijatuhi 30 persen, sedangkan jenis sedan kecil berkapasitas mesin diatas 1.500 cc pajaknya dipatok 40 persen. Tapi berbanding jauh dengan tipe lain, station wagon misalnya, tarif PPnBM hanya 10-20 persen.

(BACA JUGA: Modus Jahat Oknum Pejabat dan Pengusaha Hindari Pajak Kendaraan)

Konfirmasi lain diberikan oleh Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) yang mengatakan jika pajak sedan diturunkan, akan membawa efek positif dan angin segar bagi produsen otomotif.

"Harganya menjadi turun, ada kemungkinan pasar sedan menjadi bergairah," ucap pria yang akrab disapa Soerjo itu.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa