Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Meraba Pajak Mobil Mewah Koleksi Ketua DPR RI

Donny Apriliananda - Jumat, 19 Januari 2018 | 16:13 WIB
Bambang Soesatyo dengan salah satu koleksi mobil mewahnya
Instagram/Bambang Soesatyo
Bambang Soesatyo dengan salah satu koleksi mobil mewahnya

Otomania.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo dikenal sebagai kolektor dan penghobi mobil mewah, termasuk di dalamnya supercar. Mulai Toyota Vellfire, Lamborghini, Ferrari, Hummer, Rolls Royce, dan masih banyak lagii.

Tapi jangan salah, seluruh mobil mewah itu sudah didaftarkan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Yang jadi pertanyaan adalah, berapa uang yang harus dikeluarkan politisi Golkar itu untuk membayar pajak tahunan mobil-mobilnya?

Kita tak hanya bicara jutaan, puluhan, atau ratusan juta. Tapi bisa saja dia merogoh kocek hingga miliaran rupiah untuk melunasi pajak mobil saja.

(Baca Juga: Koleksi Mobil Mewah Mentereng Ketua DPR yang Baru)

Itu pun belum ditambah dengan beberapa sepeda motor merek Harley-Davidson, salah satunya produksi 1993 yang dibeli pada 2005 seharga Rp 250 jutaan. Bisakah kita menghitung estimasi pengeluaran pajak yang harus dibayar oleh ketua DPR itu?

Mari kita merujuk pada daftar yang dipublikasikan Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta. Pajak untuk Ferrari California sekitar Rp 100 jutaan. Rolls Royce Phantom Rp 110.023.500, Lamborghini Gallardo Rp 90 jutaan, dan Land Rover Rp 54 jutaan.

Besaran pajak biasanya mengacu pada beban Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Bea Balik Nama, dan Pajak Progresif. Estimasi ini bisa dijadikan dasar menghitung besaran pajak mobil-mobil mewah itu.

Ini pun belum termasuk pajak moge Harley-Davidson, dan mobil dia yang lain seperti Toyota Vellfire, mobil listrik Tesla seharga Rp 2,6 miliar, dan masih banyak lagi.

Coba hitung...

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Instagram.com/kyteurope

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa