Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Salah Pencet, Beda Lambang Panel Lampu Kabut Depan dan Belakang

Irsyaad Wijaya - Senin, 29 Januari 2018 | 10:02 WIB
Chevrolet Spin dengan front fog lamps yang menyala
Chevrolet Spin dengan front fog lamps yang menyala

Otomania.com - Ada dua jenis lampu kabut (fog lamp) yang sering ditemui pada mobil. Ada di bagian depan (front fog lamp), atau di belakang (rear fog lamp). Keduanya punya fungsi yang serupa, tapi tak sama.

Bagian depan, berfungsi menerangi jalan saat cuaca sangat gelap atau berkabut. Sedangkan fog lamp bagian belakang dipakai sebagai lampu isyarat tambahan agar mobil terlihat oleh pengendara di belakangnya.

Nah, kedua lampu tersebut punya panel penyalaan dan simbol sendiri-sendiri yang biasanya ditemui pad dasbor mobil. Tapi, masih banyak orang yang salah membedakan lambang antara keduanya.

(BACA JUGA: Mengenal Fungsi Lampu Kabut Belakang)

Indikator front fog lamps
Indikator front fog lamps

Simbol indikator untuk front fog lamp berbentuk setengah lingkaran atau seperti mangkuk dengan tiga garis sejajar miring ke arah kiri bawah yang dipotong garis bergelombang. Biasanya indikator lampunya berwarna hijau.

Indikator rear fog lamps
Indikator rear fog lamps

Sedangkan simbol untuk rear fog lamps bentuknya sama setengah lingkaran dengan tiga garis lurus mengarah ke kanan yang dipotong garis bergelombang. Umumnya indikator lampu berwarna kuning.

(BACA JUGA: Ganti Sendiri Bohlam Lampu Mobil, Ada Rambu-rambunya)

Sudah paham perbedaan front fog lamp dan rear fog lamp, juga bentuk simbolnya, mulai sekarang jangan salah lagi menekannya.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa