Lampu Indikator pada Panel Ada Maksudnya, Simak Ini

Donny Apriliananda - Jumat, 22 Desember 2017 | 18:08 WIB
No caption
No credit
No caption

Otomania.com - Pada mobil masa kini, indikator pada panel instrumen biasanya lebih "ramai". Artinya, banyak simbol dengan warna-warna tertentu untuk menunjukkan berbagai fungsi atau malfungsi.

Ternyata, warna-warni yang disimbolisasikan dengan gambar itu menyampaikan pesan tersendiri. Ada tiga warna berbeda yakni hijau, kuning dan merah. Simak artinya berikut ini:

1. Hijau

Hijau menandakan bahwa komponen tersebut sedang bekerja atau digunakan. “Jika dalam keadaan mengemudi dan lampu indikator berwarna hijau, itu menandakan ada perangkat yang sedang bekerja dan dalam keadaan normal,” ucap Petrus Bona Kepala Bengkel Tunas Toyota Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Simak Nih, Ini Dia Cara Mengatasi Indikator Bensin yang Ngaco!

2. Kuning

Kuning menandakan bahwa kendaraan membutuhkan pengecekan, atau sekedar peringatan untuk berhati-hati. Umumnya petunjuk dengan warna ini masih memungkinkan pengemudi untuk tetap berkendara. Misalnya, warna dengan simbol pompa SPBU, yang menandakan pengemudi harus segera mengisi bahan bakar.

3. Merah

Merah menandakan sebuah peringatan yang mendesak dan dapat berakibat fatal jika disepelekan. "Jika wana merah muncul, disarankan untuk langsung berhenti dan segera mengatasi masalah tersebut, tapi jangan panik," tambahnya.

Misalnya, ada logo "ABS" muncul ketika mobil berjalan, pengemdi wajib memeriksa komponen rem sesegera mungkin.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa