Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Meremehkan Sandaran Kepala, Leher Bisa Patah

Donny Apriliananda - Kamis, 21 Desember 2017 | 15:05 WIB
Cara mengatur headrest
Cara mengatur headrest

Otomania.com - Sandaran kepala (headrest) pada mobil bukan hanya sekadar aksesori untuk membuat leher tidak pegal ketika berkendara. Lebih dari itu, peranti ini termasuk komponen keselamatan, ketika mobil mengalami benturan karena bisa mengurangi risiko cedera parah pada leher.

Iwan Abdurahman, Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, headrest berfungsi ketika mobil ditabrak dari belakang. Seketika itu juga kepala akan bereaksi ke arah belakang juga, dan headrest mencegah leher patah.

“Sandaran kepala harus pas dengan kepala bagian belakang, dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Artinya, posisi kepala jangan terlalu maju, atau bisa dikatakan kepala tegak,” ujar Iwan, belum lama ini.

Baca Juga: Ini Fitur Keamanan dan Keselamatan Wuling Confero S

 

ilustrasi sandaran kepala
ilustrasi sandaran kepala
Iwan melanjutkan, kalau penyetelan sandaran kepala juga jangan terlalu tinggi dan rendah, atau bahkan dilepas. Tentu efek negatifnya akan membuat leher akan berpotensi besar mengalami cedera serius.

Mengutip Consumerreports.org, posisi paling atas headrest sebaiknya sejajar dengan ujung kepala, jika komponen tersebut bisa mencapainya. Jika tidak, setidaknya ujung headrest sejajar dengan bagian tertinggi telinga. Jarak antara kepala dan sandaran sebisa mungkin tidak lebih dari 4 inci.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa