Penjelasan Lampu Berwarna Kuning Lebih Jelas Menembus Hujan

Irsyaad Wijaya - Senin, 4 Desember 2017 | 17:47 WIB
Lampu warna kuning cocok untuk hujan? Fakta atau Mitos?
carhidkits.com
Lampu warna kuning cocok untuk hujan? Fakta atau Mitos?

Otomania.com - Lampu bohlam di pasaran memiliki banyak pilihan warna di antaranya adalah kuning. Bahkan mayoritas foglamp atau lampu kabut memiliki reflektor berwarna kuning. Tetapi, apakah benar warna kuning lebih efektif dalam menembus hujan atau kabut?

Jawabannya sangat ilmiah, bukan karena cahaya kuning yang lebih bagus menembus kabut atau hujan.Tetapi karena mata manusia lebih mudah melihat cahaya yang panjang gelombangnya tinggi. 

(BACA JUGA: Hubungan Antara Aki dan Kenyamanan Mobil)

Contoh warna yang memiliki panjang gelombang tinggi dimulai dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan seterusnya. Penggunaan lampu berwarna kuning akan menghilangkan warna biru dan violet dari spektrumnya.

Cara mudahnya, coba Anda perhatikan saat lampu berwarna putih atau biru dalam menembus kabut. Anda akan menemukan pantulan warna putih atau biru yang disebut "glare".

"Saat hujan atau kabut, sinar putih akan memantul seperti cermin. Kondisi tersebut membuat pengendara akan silau yang membuat jarak pandang makin terganggu," ujar Marco, Koordinator Autovision di MGK Kemayoran dikutip dari tribunnews.com.

Menurut Marco, lampu kuning justru memiliki pancaran sinar yang baik untuk menembus hujan atau kabut. secara intensitas cahaya, yang baik kisarannya di 3.000 sampai 5.000 kelvin.

(BACA JUGA: Ban Mobil Terasa Berisik, Mungkin Karena Anda Lupa Hal ini)

Dengan menghilangkan warna biru dan putih, maka efek dari "glare" akan diminimalisir. Sisi negatifnya lampu berwarna kuning akan membuat mata cepat lelah jika dilihat dalam waktu lama. Sebab mata akan lebih fokus memproses cahaya berwarna kuning dibandingkan cahaya dengan spektrum warna lain.

Karena itulah meski foglamp berwarna kuning, tapi lampu utama tetap dengan warna standarnya yang putih, atau putih kekuningan. Mata akan lebih nyaman dalam memproses warna putih atau biru, sehingga tak mudah capek.

Lalu bagaimana untuk motor-motor pada zaman sekarang yang mayoritas menggunakan LED sebagai penerangan utama yang berwarna putih? 

(BACA JUGA: Maserati Levante Mengintip Goda Orang Kaya Indonesia)

Cara mudahnya, Anda bisa terapkan stiker Scotchlite warna kuning saat di musim hujan ini. Contohnya Honda Vario 150, cukup di bagian lampu dekatnya saja, sedangkan lampu jauhnya tetap putih.

Sudah paham fakta-fakta tentang Lampu bewarna warna kuning?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa