Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ban Mobil Terasa Berisik, Mungkin Karena Anda Lupa Hal ini

Irsyaad Wijaya - Senin, 4 Desember 2017 | 15:20 WIB
Ilutrasi ban mobil
Kompas.com
Ilutrasi ban mobil

Otomania.com - Salah satu keluhan pemilik mobil soal ban adalah suara berisik yang ditimbulkan dari gesekan karet bundar dengan aspal. Padahal, kemungkinan besar, solusinya gampang tapi tidak dilakukan.

Misalnya, salah satu hal yang mungkin luput dari perhatian adalah merotasi ban yang digunakan. Ini perlu dilakukan agar kendaraan tetap terasa nyaman ketika dikendarai. Tampak remeh, tapi ternyata berpengaruh besar.

Teknisi General Repair Astrido Toyota Klender, Jakarta Timur, Harvit Dita Lesmana, menjelaskan bahwa merotasi pada ban depan dengan belakang perlu dilakukan, sebab pada bagian ban depan biasanya akan lebih cepat habis dari pada ban belakang.

(BACA JUGA: Toyota Ciptakan Bahan Bakar dari Kotoran Sapi)

"Karena ban depan daya pengeremannya lebih cepat. Jadi, Misalnya kita melakukan pengereman, otomatis rem depan dulu yang bekerja, kemudian tersalurkan ke belakang," kata Harvit, dilansir dari KompasOtomotif, Selasa (21/11/2017).

proses balancing ban agar seimbang
kompas.com
proses balancing ban agar seimbang

Dia melanjutkan, rotasi ban dilakukan untuk menyamaratakan tingkat keausan selurun ban mobil. Menurut aturan standarnya merotasi ban dilakukan setiap 10.000 km. Adapun caranya, ban depan dan belakang dirotasi secara menyilang.

(BACA JUGA: Konsumen Fortuner Protes Soal Rem, Toyota Angkat Bicara)

Contohnya, ban depan sebelah kanan, maka dirotasi dengan ban belakang sebelah kiri. Begitu juga pada ban belakang sebelah kanan, maka dirotasi sebaliknya.

"Dilihat dari kerataan ban misalkan tidak rata, kalau bisa dirotasi, Rotasi ban agar habisnya bersamaan, dan gunakan ban yang alurya sama," ucap Harvit.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa