Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi "Cafe Racer" Berbasis Royal Enfield

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 16 September 2017 | 16:02 WIB
Ubahan fokus pada kesan simpel.
Royal Enfield
Ubahan fokus pada kesan simpel.

Jakarta, Otomania.com - Aliran modifikasi cafe racer masih digemari para penggemar sepeda motor. Salah satunya terlihat dari karya bengkel White Collar Bike yang memodifikasi unit Royal Enfield Continental GT menjadi sebuah motor yang diberi nama "Silver Bullet".

Builder Ram Ram Zanuar terinspirasi dari konsep classic racing namun tetap mempertahankan bentuk asli Continental GT. Ini juga yang mendasari pemilihan motor tersebut karena dari desain awal cukup sederhana dan mudah untuk dikreasikan sesuai keinginan.

Beberapa ubahan pada Silver Bullet antara lain terlihat pada garis yang terletak di tangki bensin yang tampak seperti dilukis. Garis tersebut adalah lembaran aluminium berlapis yang di las dari sisi dalam dengan menggunakan mesin router sehingga tampak seperti diukir.

Suspensi belakang diganti dengan model yang lebih klasik dan masing-masing shock ditutup menggunakan lembaran aluminium dengan teknik yang sama seperti tangki bensin.

Baca : Cafe Racer Masih Jadi Tren Modifikasi Motor

Roda depan dan belakang berukuran 160/50/17 membalut pelek TK. Garpu depan dibuat lebih merunduk untuk menghasilkan tampilan racing yang lebih kental. Swing arm asli pada dimodifikasi dengan menambahkan beberapa inci ke dasar roda untuk mengakomodasi letak pipa knalpot yang terlalu dekat dengan ban belakang.

Speedometer juga turut dimodifikasi dengan menggunakan kabel manual. Starter mesin menggunakan tombol berwarna hijau untuk menyalakan dan tombol merah untuk mematikan mesin. Switch pada motor ini dikembangkan selama beberapa bulan dan terbuat dari aluminium CNC yang berisikan beberapa tombol.

Lampu rem dibuat dari produk LED aftermarket yang dilapisi dengan aluminium dan ditempatkan pada posisi yang lebih mudah terlihat. Pijakan kaki ditambah ketebalannya dengan material billet aluminium dan sisinya dipercantik dengan logo stainless steel Royal Enfield yang diukir.

Handle bar diubah dengan sudut yang dapat disesuaikan dan spion juga diganti dengan ukuran lebih kecil. Selain itu, logo Royal Enfield yang terukir dari stainless steel juga tampak di masing-masing sisi tangki bensin. 

Motor ini hadir pada pembukaan exclusive store Royal Enfield di Bali, Agustus lalu.

Swing arm tak luput dari ubahan mendasar.
Royal Enfield
Swing arm tak luput dari ubahan mendasar.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa