Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Produsen Pelumas Tak Khawatirkan Kehadiran Motor Listrik

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 26 Juli 2017 | 17:47 WIB
Sepeda motor listrik Honda yang diperkenalkan pada 2010.
Honda
Sepeda motor listrik Honda yang diperkenalkan pada 2010.

Jakarta, Otomania.com – Keputusan Presiden Joko Widodo untuk menggulirkan kemungkinan mobil listrik hadir di Indonesia membuat berbagai kalangan otomotif angkat bicara. Banyak yang mengatakan siap, dengan catatan peraturan harus diperjelas.

Meski mobil masih dalam tahap perencanaan, produk motor listrik justru lebih dulu hadir. Beberapa bahkan sudah dapat digunakan konsumen untuk keperluan harian.

Lantas bagaimana dengan industri pelumas mesin? Perlu diketahui kendaraan listrik tidak membutuhkan adanya pelumas pada mesin. Bagaimana menyikapi kemungkinan isu yang tengah ramai ini?

“Saya bilang perkembangannya tidak akan cepat. Penerapannya masih jauh, Indonesia perlu adaptasi,” ucap Herry Hambali, Sales & Marketing Director PT Federal Karyatama, pemegang merek pelumas Federal Oil, saat ditemui, Selasa (25/7/2017).

Penerapan teknologi listrik masih membutuhkan tahapan yang cukup panjang dan ini tidak akan mempengaruhi industri pelumas. Selain itu keberadaan kendaraan listrik tidak akan langsung sebanyak kendaraan konvensional yang sudah beredar.

Meski demikian para pengusaha di industri pelumas tidak meniadakan potensi di balik kendaraan listrik. Apabila ada pasarnya tentu industri pelumas ikut ke arah yang sama.

“Kita dulu juga pernah diskusi produksi minyak rem, tapi pasarnya kecil. Soal listrik nantinya kita lihat bagaimana. Saya lihat tidak dalam dua atau tiga tahun ke depan (pengaruh kendaraan listrik),” ucap Herry.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa