Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pembeliannya Mau Dibatasi, Ini Jenis Kendaraan yang Dilarang Isi BBM Subsidi di SPBU

Harun Rasyid - Selasa, 7 Maret 2023 | 19:00 WIB
Ilustrasi mobil dinas pelat merah termasuk jenis kendaraan yang dilarang mengisi BBM subsidi.
Kompas.com
Ilustrasi mobil dinas pelat merah termasuk jenis kendaraan yang dilarang mengisi BBM subsidi.

 

Otomania.com - Pertamina akan melakukan pembatasan pembelian BBM subsidi di SPBU, salah satunya dengan penggunaan QR Code aplikasi MyPertamina untuk Biosolar mulai 7 Maret 2023.

Tujuan pembatasan pembelian BBM subsidi di SPBU yaitu agar penyaluran BBM tepat sasaran kepada kendaraan yang memang berhak.

Bicara penyaluran BBM subsidi tepat sasaran, rupanya ada sejumlah kendaraan dinas yang dilarang mengisi BBM subsidi di SPBU.

Salah satu kendaraan yang dilarang menggunakan BBM bersubsidi yaitu kendaraan dinas dengan pelat merah.

Hal ini pernah dijelaskan oleh Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Irto Ginting.

Menurutnya, larangan kendaraan pelat merah mengisi BBM subsidi sudah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 191 tahun 2014, dalam perincian konsumen pengguna dan titik serah jenis bahan bakar tertentu (JBT).

"Kendaraan pelat merah tidak termasuk sebagai konsumen atau pengguna yang diperbolehkan mengisi BBM subsidi," ujar Irto saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Namun Irto menyatakan, Pertamina tidak bisa menindak langsung pengguna maupun kendaraan pelat merah yang kedapatan mengisi BBM subsidi di SPBU.

"Selaku operator, Pertamina hanya dapat melakukan tindakan pada SPBU sebagai lembaga penyalur resmi jika memang terbukti ada penyelewengan atau menyalahi peraturan yang berlaku," ucap Irto.

Baca Juga: Tangki Penyimpanan BBM Pertamina Dex Tidak Ditanam di Bawah SPBU, Ini Alasannya

Sayangnya, Irto juga tak menyebut secara detail soal bentuk hukuman dari Pertamina terhadap SPBU yang melayani tindakan tersebut. 

Meski begitu, ternyata bukan hanya kendaraan pelat merah saja yang dilarang mengkonsumsi BBM bersubsidi Pertamina.

Ilustrasi pengisian BBM subsidi di SPBU
GridOto.com
Ilustrasi pengisian BBM subsidi di SPBU

Sebab dalam Surat Edaran No. 3865.E/Ka.BPH/2019 yang dikeluarkan BPH Migas, kendaraan bermotor untuk pengangkutan hasil perkebunan, kehutanan dan pertambangan dengan jumlah roda lebih dari enam buah dalam kondisi bermuatan ataupun tidak juga dilarang menggunakan solar bersubdisi.

Selain itu, beberapa jenis kendaraan yang dilarang mengisi BBM bersubdisi yaitu mobil tangki BBM, mobil Crude Palm Oil (CPO), truk trailer, dump truck, truk gandeng, hingga mobil pengaduk semen.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa