Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Speed Nozzel Lambat Pengaruhi Takaran BBM di SPBU? Jawaban Pertamina Bikin Lega

Harun Rasyid,Muslimin Trisyuliono - Kamis, 2 Maret 2023 | 12:00 WIB
Ilustrasi mitos isi BBM di SPBU sebaiknya pakai speed 1 agar dapat BBM dengan takaran yang sesuai.
Dok. Pertamina
Ilustrasi mitos isi BBM di SPBU sebaiknya pakai speed 1 agar dapat BBM dengan takaran yang sesuai.

 

Otomania.com - Nozzel yang ada di dispenser SPBU, biasanya memiliki tingkatan speed yang mempengaruhi kecepatan pengisian BBM ke tangki kendaraan.

Sebagai pemilik kendaraan, tentunya menginginkan pengisian BBM di SPBU berlangsung cepat dan sesuai takaran yang dibeli.

Namun beredar mitos yang menyatakan, sebaiknya pemilik kendaraan meminta speed 1 kepada petugas SPBU dengan tujuan mendapat kapasitas BBM yang lebih akurat.

Alasannya penggunaan speed 1 memiliki sedikit tekanan angin yang fungsinya membantu mengeluarkan BBM ke tangki motor atau mobil.

Untuk menjawab hal tersebut, yuk simak jawaban dari pihak Pertamina berikut ini.  

Menurut Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Putut Andriatno, nozzel dispenser SPBU Pertamina memilki 3 speed yang fungsinya mengatur kecepatan BBM keluar.

Sesuai angkanya, speed 1 merupakan tempo yang paling lambat dan speed 3 merupakan yang paling cepat.

"Jika BBM yang dibeli banyak akan digunakan kecepatan tinggi, supaya mempercepat proses pengisian dan konsumen tidak menunggu lama, demikian juga sebaliknya," ujar Putut beberapa waktu lalu.

Putut lalu mengungkapkan, jika konsumen melihat operator SPBU memainkan speed nozzel 1, 2 atau 3, bukan ia berarti melakukan kecurangan takaran pada pengisian BBM.

Baca Juga: Update Harga BBM Pertamina di SPBU, Pertamax Series Melonjak, Diesel Jadi Lebih Murah

Artinya tindakan ini untuk menyesuaikan volume BBM yang dibeli konsumen dengan jumlah yang bervariasi. Mulai dari full tank, berdasarkan liter maupun nominal rupiah.

Karena itu Putut bilang, setiap speed yang digunakan di nozzel dispenser SPBU tidak akan mengurangi volume BBM yang dibeli konsumen.

Nozzel dispenser SPBU punya pengaturan speed. Kabarnya pakai speed lambat speed bisa dapat BBM sesuai takaran. Apa betul?
GridOto.com
Nozzel dispenser SPBU punya pengaturan speed. Kabarnya pakai speed lambat speed bisa dapat BBM sesuai takaran. Apa betul?

"Kecepatan BBM keluar tidak mempengaruhi flowmeter atau alat ukur, sehingga akurasi volume yang keluar akan sama antara speed 1,2 maupun 3," tutupnya.

Nah berarti mitos soal speed nozel dispenser SPBU sudah terjawab ya sob.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa