Tangki Penyimpanan BBM Pertamina Dex Tidak Ditanam di Bawah SPBU, Ini Alasannya

Parwata,Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 7 Maret 2023 | 06:00 WIB

Ini alasannya kenapa tangki BBM jenis Pertadex tidak ditanam di bawah SPBU. (Foto ilustrasi) (Parwata,Muhammad Rizqi Pradana - )

Otomania.com - Ada alasannya kenapa tangki penyimpanan BBM jenis Pertamina Dex di SPBU yang pernah kita lihat, tidak ditanam seperti yang lainnya.

Tangki penyimpanan Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina Dex atau biasa disebut Pertadex posisinya berada di atas tanah.

Lantas apa alasannya tangki penyimpanan Pertadex ini tidak di bawah tanah alias tangki timbun seperti jenis BBM lainnya?

Terkait hal tersebut, Irto Ginting, selaku Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial & Trading Pertamina) pernah mengatakan, volume penjualan Pertadex menjadi alasannya.

“Pertadex merupakan slow moving product, dimana tingkat konsumsi tidak terlalu tinggi dan tidak selalu memerlukan tangki timbun berkapasitas besar,” ujar Irto ketika dihubungi, Senin (16/8/2021) lalu.

“Oleh karena itu, Pertadex bisa menggunakan tangki penyimpanan di atas tanah,” imbuhnya.

Penggunaan tangki penyimpanan di atas tanah atau tangki portabel untuk menampung Pertadex, selain volume penjualan juga bisa disebabkan oleh keterbatasan kapasitas.

Di sebuah SPBU Pertamina, kapasitas tangki timbun bervariasi, mulai dari 10 hingga 60 ribu liter dan membutuhkan luas lahan yang tidak sedikit.

“Tidak semua SPBU memiliki kapasitas tanki timbun yang sama, sehingga untuk yang terbatas dapat menggunakan tangki portabel,” ujar Irto Ginting.

Baca Juga: Update Harga BBM Pertamina di SPBU, Pertamax Series Melonjak, Diesel Jadi Lebih Murah

Makanya, penggunaan tangki portabel menjadi masuk akal mengingat kapasitas umumnya ada di kisaran 2 ribu liter dan berukuran relatif kecil.

Terutama untuk Pertadex yang volume penjualannya tidak terlalu tinggi, sehingga tidak butuh menyimpan stok yang banyak pula.