Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tangki Penyimpanan BBM Pertamina Dex Tidak Ditanam di Bawah SPBU, Ini Alasannya

Parwata,Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 7 Maret 2023 | 06:00 WIB
Ini alasannya kenapa tangki BBM jenis Pertadex tidak ditanam di bawah SPBU. (Foto ilustrasi)
Pradana/GridOto.com
Ini alasannya kenapa tangki BBM jenis Pertadex tidak ditanam di bawah SPBU. (Foto ilustrasi)

Otomania.com - Ada alasannya kenapa tangki penyimpanan BBM jenis Pertamina Dex di SPBU yang pernah kita lihat, tidak ditanam seperti yang lainnya.

Tangki penyimpanan Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina Dex atau biasa disebut Pertadex posisinya berada di atas tanah.

Lantas apa alasannya tangki penyimpanan Pertadex ini tidak di bawah tanah alias tangki timbun seperti jenis BBM lainnya?

Terkait hal tersebut, Irto Ginting, selaku Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial & Trading Pertamina) pernah mengatakan, volume penjualan Pertadex menjadi alasannya.

“Pertadex merupakan slow moving product, dimana tingkat konsumsi tidak terlalu tinggi dan tidak selalu memerlukan tangki timbun berkapasitas besar,” ujar Irto ketika dihubungi, Senin (16/8/2021) lalu.

“Oleh karena itu, Pertadex bisa menggunakan tangki penyimpanan di atas tanah,” imbuhnya.

Penggunaan tangki penyimpanan di atas tanah atau tangki portabel untuk menampung Pertadex, selain volume penjualan juga bisa disebabkan oleh keterbatasan kapasitas.

Di sebuah SPBU Pertamina, kapasitas tangki timbun bervariasi, mulai dari 10 hingga 60 ribu liter dan membutuhkan luas lahan yang tidak sedikit.

“Tidak semua SPBU memiliki kapasitas tanki timbun yang sama, sehingga untuk yang terbatas dapat menggunakan tangki portabel,” ujar Irto Ginting.

Baca Juga: Update Harga BBM Pertamina di SPBU, Pertamax Series Melonjak, Diesel Jadi Lebih Murah

Makanya, penggunaan tangki portabel menjadi masuk akal mengingat kapasitas umumnya ada di kisaran 2 ribu liter dan berukuran relatif kecil.

Terutama untuk Pertadex yang volume penjualannya tidak terlalu tinggi, sehingga tidak butuh menyimpan stok yang banyak pula.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa