Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sistem Tilang Poin Akan Diterapkan, SIM Bisa Dicabut kalau Sering Melanggar Lalu Lintas, Berikut Penjelasan Polisi

Parwata - Minggu, 8 Januari 2023 | 10:22 WIB
Sistem tilang poin bakal diterapkan, SIM bisa dicabut jika pengendara kerap melakukan pelanggaran lalu lintas. (Foto Ilustrasi)
GridOto.com
Sistem tilang poin bakal diterapkan, SIM bisa dicabut jika pengendara kerap melakukan pelanggaran lalu lintas. (Foto Ilustrasi)

Otomania.com - Sistem Tilang Poin Akan Diterapkan, Kerap Melanggar SIM Bisa Dicabut, Simak Penjelasannya.

Sejalan dengan penerapan sistem tilang elektronik, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bakal menerapkan sitem tilang poin.

Sistem tilang poin ini akan diberlakukan bagi pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Jika pengendara kendaran bermotor yang sudah kerap melakukan pelanggaran lalu lintas, SIM miliknya bisa dicabut.

Hal tersebut sejalan dengan penerapan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) baik statis maupun mobile. Dimana, data pelanggar lalu lintas sudah tercatat di dalam data base kepolisian.

“Dengan ETLE, pelanggar lalu lintas sudah terekam secara keseluruhan. Kita sudah mempunyai data base, traffic, atau track record dimana perilaku berkendara masyarakat, khususnya jakarta sudah terekam di kami. Sehingga kita kan kembangkan untuk dalam proses penerbitan SIM juga,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, Jumat (6/1/2023).

Lebih lanjut Latif menjelaskan, setiap pelanggaran lalu lintas akan dikenakan sistem poin, bila poin sudah mencapai besaran tertentu, ganjaran baru diberikan, yakni pencabutan SIM.

“Misalnya, ada yang mau perpanjang SIM, kita tanya pelanggarannya apa, poinnya berapa, kalau sudah 12 (poin) harus uji (SIM) ulang,” kata Latif.

“Kalau sekarang karena data belum ada sudah berapa kali melakukan pelanggaran tetap bisa perpanjang secara langsung. Besok sudah tidak bisa, kalau sudah 12 poin harus ikut uji ulang. Jadi masyarakat harus mengetahui itu,” lanjutnya.

Baca Juga: Moge Untuk Ujian SIM C 1 Sudah Ada, Polisi : Buat Para Biker Mohon Ditunggu Tahun Ini Insya Allah..

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa