Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pohon Ukuran Lingkar Tiga Meter Rebah, Jalanan Langsung Kayak Hutan, Mobil dan Bangunan Kena Imbas

Parwata - Minggu, 25 Desember 2022 | 17:00 WIB
Petugas BPBD, bersama polisi dan relawan mengevakuasi pohon roboh di sekitar kawasan Pemandian Muncul, Desa Rowobani, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang Kamis (22/12/2022) tengah malam.
dok BPBD Kabupaten Semarang
Petugas BPBD, bersama polisi dan relawan mengevakuasi pohon roboh di sekitar kawasan Pemandian Muncul, Desa Rowobani, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang Kamis (22/12/2022) tengah malam.

Otomania.com - Pohon Ukuran Lingkar Tiga Meter Rebah, Jalanan Langsung Kayak Hutan, Mobil dan Bangunan Kena Imbas.

Sebuah pohon roboh berukuran lingkar sekitar tiga meter rebah menutup jalan dan timpa mobil serta bangunan di kawasan Pemandian Muncul, Desa Rowobani, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, pada Kamis (22/12/2022) pukul 23.51 WIB.

Ada dua bangunan yaitu Kantor Desa Rowobani dan juga Rumah Makan Mbak Toen tertimpa pohon tersebtu hingga mengalami kerusakan.

Tak hanya itu, pohon juga menimpa mobil yang terparkir, serta menutup jalan akses Banyubiru-Salatiga hingga terputusnya aliran listrik dan telepon di Dusun Muncul.

Dari penuturan Pelaksana Harian (Plh) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Juwair Suntara, kejadian pohon tumbang tersebut disebabkan hujan deras dalam waktu yang cukup lama di wilayah itu.

“Selain itu, terdapat angin kencang sehingga pohon dengan lingkar sekitar tiga meter tersebut tumbang,” katanya, Jumat (23/12/2022).

Petugas BPBD, polisi, TNI, serta relawan kemudian berupaya mengevakuasi pohon itu untuk membuka jalur agar tidak tertutup.

Ditambahkan oleh Juwair, proses evakuasi pohon itu menggunakan alat berat berupa ekskavator lantaran ukurannya yang cukup besar.

Seiring dengan musim penghujan serta cuaca ekstrem, Juwair mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati saat cuaca buruk.

Baca Juga: Ditindih Pohon Mangga Tumbang, Daihatsu Taruna Tak Berdaya, Padahal Cuma Numpang Parkir

“Berlindung di tempat yang aman, jika mengetahui ada pohon yang rapuh segera laporkan sehingga langsung dilakukan penanganan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Pohon Tumbang Timpa Mobil dan Bangunan di Banyubiru Kabupaten Semarang,

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa