Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Sampai Merugi, Perhatikan Hal Ini Sebelum Parkir Mobil di Tempat Terbuka saat Musim Hujan

Parwata - Selasa, 13 Desember 2022 | 19:00 WIB
Ilustrasi mobil tertimpa pohon tumbang ketika parkir di tempat terbuka saat musim hujan.
Chrysnha Pradipha/TribunSolo.com
Ilustrasi mobil tertimpa pohon tumbang ketika parkir di tempat terbuka saat musim hujan.

Otomania.com - Jangan Sampai Merugi, Perhatikan Hal Ini Sebelum Parkir Mobil di Tempat Terbuka saat Musim Hujan.

Berbeda dengan musim panas, ada beberapa hal yag harus diperhatikan saat hendak parkir mobil di tempat terbuka saat musim hujan, terlebih yang disertai angin kencang.

Soalnya, saat kondisi hujan disertai angin kencang bisa menyebabkan pohon, baliho, dan bangunan lainnya roboh.

Karena hal tersebut, jika kurang tepat dalam memilih lokasi parkir mobil, bisa-bisa bikin merugi akibat kendaraan tertimpa reruntuhan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, sebaiknya saat musim hujan mobil diparkirkan di tempat tertutup seperti di garasi rumah, atau basement gedung.

"Di tempat parkir terbuka risikonya tinggi, mobil bisa tertimpa pohon, billboard, atau tiang listrik. Selain itu, juga risiko banjir yang menenggelamkan mobil, bisa hanyut," kata Sony, pada Minggu (11/12/2022).

Dia mengingatkan, jika terpaksa parkir di tempat yang terbuka, untuk sebelumnya mengantisipasi dengan memperkirakan kondisi lingkungan saat cuaca buruk.

"Jika benar-benar tempatnya terbuka, ada ruang beberapa meter dari pohon malah aman. Tanah di sekitarnya juga dilihat, apakah ada kemungkinan longsor atau banjir. Yang paling mengkhawatirkan kalau parkir dekat sungai," jelasnya.

Khusus parkir di lingkungan rumah atau kompleks garasi terbuka, Sony menyarankan, agar mobil sebaiknya ditutup dengan sarung mobil atau cover khusus.

Baca Juga: Anti Mundur Sendiri, Begini Cara Aman Parkir Mobil Matic di Jalan Menanjak

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah preventif mencegah terjadinya kerusakan akibat benturan benda-benda yang terbang tertiup angin.

"Debu-debu, pasir, ranting banyak beterbangan saat hujan deras. Mobil jarang pakai sebaiknya ditutup cover, melindungi permukaan bodi dari jamur dan air hujan langsung," pungkas Sony.

 Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pentingnya Menentukan Posisi Parkir Saat Musim Hujan",

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa