Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Muncul Bensin Pertalite Turbo, Beneran Bagus? Ahli Ungkap Kualitasnya

Parwata,Aong - Jumat, 14 Oktober 2022 | 08:35 WIB
Konsumen mengantri membeli BBM di SPBU Pertamina.
Dok. Pertamina
Konsumen mengantri membeli BBM di SPBU Pertamina.

Otomania.com - Muncul Bensin Pertalite Turbo, Beneran Bagus? Ahli Ungkap Kualitasnya.

Bensin Pertalite Turbo sendiri bukanlah jenis bensin baru yang dijual di SPBU Pertamina, julukan bensin pertalite Turbo ini di dapat didapat dari hasil oplosan bensin Pertalite dengan Pertamax Turbo.

Fenomena bensin baru Pertalite Turbo datang dari pengguna motor atau mobil yang menginginkan mutu BBM bagus dengan harga yang murah.

Pertalite Turbo didapat dari hitungan yang sederhana jika mencampur Pertalite RON 90 dengan Pertamax Turbo RON 98. Pertalite RON 90 + Pertamax Turbo RON 98 = 90 + 98 = 188/2 = RON 94.

Secara mutu, angka oktan atau RON nilainya di atas bensin Pertamax 92. Beneran lebih bagus? Tunggu dulu, kita hitung dulu harganya.

Merujuk harga BBM Pertamina per 1 Oktober 2022 untuk wilayah DKI Jakarta, harga Pertalite Rp 10.000 + Pertamax Turbo Rp 14.950 = Rp 24.950/2 = Rp 12.475 per liter.

Jadinya didapat angka sangat murah, dapat bensin RON 94 dengan harga cuma Rp 12.475 per liter. Bisa dibandingkan jika beli Pertamax RON 92 dengan harga Rp 14.900 per liter.

Jika sama-sama isi full tank Yamaha NMAX sebanyak 7,1 liter, maka hanya akan keluar biaya Rp 88.572 saja dengan Pertalite Turbo, sedang jika mengisi penuh Pertamax keluar biaya Rp 98.690. Ada selisih Rp 10 ribu sendiri nih.

Lalu apakah benar-benar berkualitas bagus?

Baca Juga: Disebut Bikin Konsumsi BBM Jadi Lebih Irit, Begini Fakta Campur Bensin Beda Oktan Menurut Pakar

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa