Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Efektivitas Speedcam Tilang Elektronik saat Jalan Tol Macet Dipertanyakan, Pakar Masalah Transportasi Bilang Begini

M. Adam Samudra,Naufal Nur Aziz Effendi - Minggu, 3 April 2022 | 13:00 WIB
Banyak yang penasaran efektivitas speedcam tilang elektronik saat jalan tol macet, begini tanggapan pakar masalah transportasi (foto ilustrasi)
Kompas.com/Kristianto Purnomo
Banyak yang penasaran efektivitas speedcam tilang elektronik saat jalan tol macet, begini tanggapan pakar masalah transportasi (foto ilustrasi)

Otomania.com - Efektivitas speedcam tilang elektronik saat jalan tol macet dipertanyakan, pakar masalah transportasi bilang begini.

Di beberapa ruas jalan tol sudah memberlakukan penegakan hukum menggunakan speedcam tilang elektronik sejak Jumat (1/4/2022).

Speedcam tersebut digunakan untuk mengetahui pengemudi yang melanggar batas kecepatan minimal dan batas kecepatan maksimal.

Yang menjadi permasalahan bahwa jalan tol di Indonesia sering terjadi kemacetan, sehingga pada saat macet kecepatan kendaraan di bawah batas kecepatan minimal.

Apabila terjadi kondisi tersebut, apakah tilang elektronik akan bekerja maksimal?

Menanggapi hal ini, Pemerhati Masalah Transportasi Budiyanto memberikan penjelasan.

"Untuk antisipasi kejadian seperti ini disarankan perlu ada suatu sistem yang secara otomatis dapat bekerja pada saat terjadi kemacetan," kata Budiyanto, Sabtu (2/3/2022).

Budiyanto menyebut perlu ada yang mengkomunikasikan ke petugas Back office apabila jalan Tol sedang mengalami kemacetan.

"Hal ini dimaksud jangan sampai pengguna jalan dirugikan karena terekam CCTV dengan kecepatan dibawah batas kecepatan minimal," ucapnya.

Baca Juga: Enggak Main-main, Denda Tilang Elektronik di Jalan Tol Bisa Bikin Nangis, Pengemudi Juga Terancam Masuk Kurungan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa