Pekan Depan Ada 16 Bodycam Akan Lengkapi Patroli Jalan Raya, Bisa Live Streaming Kriminal

Parwata - Kamis, 12 Desember 2019 | 13:30 WIB
Polantas akan dilengkapi alat bodycam untuk merekam kejadian kriminal
Wartakotalive/Budi Sam Law Malau
Polantas akan dilengkapi alat bodycam untuk merekam kejadian kriminal

Otomania.com - Mulai pekan depan, Ditlantas Polda Metro Jaya akan sematkan sebanyak 16 bodycam di seragam anggota Patroli Jalan Raya (PJR) yang bertugas di lapangan.

Bodycam yang disematkan ini memiliki fungsi untuk memantau semua kegiatan Polantas.

Dan termasuk juga bisa mencegah dan mendeteksi praktik suap-menyuap serta tindakan arogan petugas.

Melansir dari Wartakotalive.com, selain itu bodycam di seragam polantas juga dapat dipakai petugas mendeteksi dan mengidentifikasi pelaku kejahatan atau pelaku kriminal.

"Ini artinya di lapangan, petugas kami dapat membantu Ditreskrimum mengungkap pelaku kriminal atau kejahatan yang dicurigai," kata Kasatgas E-TLE Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazrulrahman di Mapolda Metro Jaya, Rabu (11/12/2019).

Baca Juga: Tahun Depan Motor Dibidik Kamera E-TLE, Polisi Bingung Posisi Pelat Nomor

Arif menjelaskan jika ada pengendara arogan atau yang terindikasi sebagai pelaku kriminal dan terpantau e-TLE, maka alarm akan dibunyikan dan akan langsung diinfokan ke petugas di lapangan yang mengenakan bodycam.

"Maka anggota terdekat yang mengenakan bodycam akan melakukan live streaming dengan bodycam dan diminta untuk mengejar dan menghentikan kendaraan pelaku kejahatan yang dicurigai" katanya.

Dengan live streaming melalui bodycam kata Arif maka peristiwa, proses dan gambar mobil atau pengendara yang dicurigai akan diidentifikasi di NTMC.

"Sehingga di NTMC berkordinasi dengan Ditreskrimum untuk memastikan apakah pengendara yang dicurigai pelaku kejahatan, benar ia pelakunya atau bukan," katanya.

Ia mengatakan saat anggota di lapangan mendapatkan perintah pengejaran, maka bodycam akan secara otomatis melakukan live streaming.

Kasatgas E-TLE Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazrulrahman menerangkan spesifikasi bodycam di Mapolda Metro, Rabu (11/12/2019). (Wartakotalive/Budi Sam Law Malau)
Kasatgas E-TLE Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazrulrahman menerangkan spesifikasi bodycam di Mapolda Metro, Rabu (11/12/2019). (Wartakotalive/Budi Sam Law Malau)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Indra Aditya
Sumber : Wartakotalive.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa