Street Manners: Tips Cara Berkendara Tanpa Emosi di Bulan Puasa

Indra Aditya - Selasa, 7 Mei 2019 | 04:20 WIB
ilustrasi berkendara
Rizky/Otomotifnet
ilustrasi berkendara

Otomania.com - Wajib hukumnya bagi umat muslim untuk menunaikan ibadah puasa pada bulan Ramadan.

Saat menjalankan kewajiban itu, Anda dihadapkan dengan pekerjaan yang harus tetap dilakukan, baik di sekolah, kantor, maupun di tempat lain.

Ditambah kegiatan mengemudi pun terus berlangsung.

Namun, dengan situasi lalu lintas Jakarta yang macet, terkadang membuat larut terbawa emosi

Psikolog Kasandra Putranto menjelaskan ada terdapat beberapa faktor yang membuat seorang pengendara emosi ketika sedang puasa.

Baca Juga : Street Manners: Apa yang Harus Dilakukan Saat Terjebak Banjir? Lanjut atau Putar Balik?

"Setiap orang punya profil psikologis yang khas yang dipengaruhi oleh kualitas otaknya. Apalagi dalam kondisi puasa seharusnya setiap orang meningkatkan kendali dirinya," kata Kasandra dikutip dari GridOto.com.

"Tetapi ketika fungsi pengendalian diri terbatas, sementara dorongan emosi mudah meledak, tentu saja situasi macet dan kondisi berpuasa akan mengandung resiko," ujarnya menambahkan.

Tak hanya itu, Kasandra menambahkan, mengatur jadwal dan rute perjalanan untuk menghemat jarak, waktu, tenaga, serta menghindari kemacetan juga sangat diperlukan.

"Saran saya atur jadwal, pakai kendaraan umum atau hindari berkendara, karena kemampuan mengendalikan emosi adalah hasil belajar bertahun- tahun," tutupnya.

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di GridOto.com dengan judul Street Manners : Cara Jitu Kontrol Emosi Berkendara Saat Bulan Puasa

Editor : Indra Aditya

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X