Street Manners: Apa yang Harus Dilakukan Saat Terjebak Banjir? Lanjut atau Putar Balik?

Indra Aditya - Kamis, 2 Mei 2019 | 07:00 WIB
Banjir menggenang di kota Bandung, Jawa Barat
Instagram/@infobandungraya
Banjir menggenang di kota Bandung, Jawa Barat

Otomania.com - Kota Jakarta diguyur hujan lebat beberapa hari belakangan, bahkan di beberapa wilayah telah terendam banjir.

Dalam kondisi terjebak banjir, apakah aman bagi pengendara untuk menerobos genangan tersebut?

Menanggapi hal ini, Presiden Direktur Indonesia Defensive Driving Center (IDDC), Bintarto Agung, menyebut kendaraan bermotor tidak aman untuk melewati banjir.

Baca Juga : Seorang Sopir Truk Diduga Nekat Terobos Banjir, Ini Yang Terjadi

Terlebih jika ketinggian genangan mencapai 50-70 sentimeter.

"Bahaya pada kendaraan apabila dipaksakan melalui genangan atau banjir dengan ketinggian melebihi 50-70 cm, dan apabila uap air atau air sampai tersedot masuk sampai ke ruang bakar, dapat menyebabkan kerusakan mesin yg disebut dengan “water hammer” (blok mesin pecah/retak)," jelas Bintarto saat dikutip dari GridOto.com.

Senada dengan Bintarto, Andry Berlianto selaku Instruktur Keselamatan Rifat Drive Lab (RDL) menyarankan pengendara agar tidak memaksakan menerobos genangan air.

Dari sisi keselamatan, kontur jalan yang tidak terlihat karena tertutup genangan dapat membahayakan pengemudi.

Baca Juga : Dihadang Polisi, Pengguna Motor Mau Nekat Masuk Tol , Alasan Banjir

"Bisa kecelakaan, paling sederhana seperti masuk lubang karena tidak tau medan. Analisa kedalaman banjirnya, yang paling aman ya tidak perlu diterjang dan mencari rute lain," katanya.

Lebih lanjut, Bintarto mengatakan pengendara harus bisa menerapkan manajemen perjalanan, jika terhalang banjir, usahakan untuk mencari rute lain.

"Sebagai pengendara yang baik harus mampu untuk bersikap positif dan menerapkan empat pilar dasar keselamatan berkendara, yaitu awareness, alertness, attitude dan anticipation," kata Bintarto.

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di GridOto.com dengan judul Street Manners: Terjebak Banjir, Terobos atau Putar Balik? Ini Kata Pakar Keselamatan

Editor : Indra Aditya

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X