Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Canggih, Melaju 300 Km/Jam Pun CCTV Tilang Elektronik Bisa Foto Pelat Nomor

Irsyaad Wijaya - Senin, 1 Oktober 2018 | 16:00 WIB
Ilustrasi CCTV tilang elektronik
Kompas.com
Ilustrasi CCTV tilang elektronik

Otomania.com - Kamera CCTV tilang elektronik tetap bisa merekam foto pelat nomor kendaraan yang melaju kencang.

"Jadi secara teknis CCTV ini dapat meng-capture foto pelat nomor kendaraan yang melaju hingga kecepatan 300 kilometer per jam," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Mapolda Metro Jaya, (1/10/2018).

Tak hanya dapat menangkap objek yang melaju dengan kecepatan tinggi, CCTV dari China ini juga bisa menangkap gambar pengendara sebelum, saat, dan sesudah melakukan pelanggaran lalu lintas.

"Jadi kami menggunakan marka jalan sebagai sensor virtual dan traffic light sebagai trigger dalam sistem kami. Jadi pengendara yang melewati garis saat traffic light menyala merah akan otomatis terekam dan tertangkap gambarnya. Secara garis besar prosesnya begitu," ujar Yusuf.

Selain itu, CCTV juga bisa mengirimkan video berdurasi 10 detik yang menunjukkan proses sebelum, saat, dan sesudah melakukan pelanggaran.

(BACA JUGA: Jangan Coba-Coba Melanggar, Tahun Depan Seluruh Jakarta Dikepung CCTV Tilang Elektronik)

Video tersebut diunggah di website http://www. etle-pmj.info sebagai barang bukti pelanggaran hingga akhirnya diterbitkan bukti tilang.

Tilang E-TLE ini mulai diujicobakan Senin ini hingga 30 hari ke depan.

Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan uji coba untuk mengetahui akurasi tangkapan gambar dan video yang dihasilkan CCTV dalam sistem E-TLE.

Dua buah CCTV telah terpasang di ruas Jalan Sudirman-Thamrin dan telah terkoneksi di Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya sejak 24 September 2018.

Editor : Iday
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa