Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Janji Presiden, Mudik 2018 Jakarta-Ngawi Cuma 10 jam

Irsyaad Wijaya - Selasa, 3 April 2018 | 13:39 WIB
Jalan Tol Ngawi-Kertosono
Jasa Marga
Jalan Tol Ngawi-Kertosono

Otomania.com — Setelah diresmikan Kamis (29/3/18) oleh Presiden Joko Widodo, jalan tol Ngawi-Kertosono mulai bisa dilalui kendaraan. Saat pidatonya, Jokowi mengatakan dengan dibukanya ruas tol ini, harapannya mudik 2018 dari Jakarta-Ngawi hanya memakan waktu 10 jam.

"Setelah Ngawi-Wilangan ini dibuka, saya harap mudik bisa lewat sini," tutur Presiden Jokowi seusai seremoni peresmian ruas sepanjang 49,5 kilometer tersebut.

Tol Ngawi-Kertosono sendiri dikelola oleh PT Ngawi Kertosono Jaya, anak perusahaan dari PT Jasa Marga Tbk. Panjang total jalan sejauh 87,02 km, terbagi dalam 4 sesi gerbang Tol.

Sesi I antara Klitik-Simpang Susun Madiun dengan total 20 km, lalu sesi II dari Simpang Susun Madiun-Simpang Susun Caruban sejauh 8,45 km. Berlanjut sesi III start Simpang Susun Caruban-Wilangan dengan jarak 21,06 km, terakhir sesi IV dari Wilangan-Kertosono yang ditempuh 37,5 km.

(BACA JUGA: Jokowi Resmikan Tol Ngawi-Kertosono Naik Truk Fuso)

Presiden Jokowi juga menginstruksikan ruas tol lain agar selesai tepat waktu seperti ruas Merak-Pasuruan diakhir 2018. Tol lainnya Merak-Banyuwangi diharapkan rampung akhir 2019.

Tarif yang dikenakan untuk ruas tol Ngawi-Kertosono ini kata Desi Arryani, Direktur PT Jasa Marga (Persero)Tbk nantinya ditarik Rp 1.000 per kilometer. "Namun, tarif tersebut baru berlaku pada 9 April 2018 mendatang. Sebelum itu, ya gratis," terang Desi.

Tol Ngawi-Kertosono sendiri termasuk dari 3 jalan tol yang mendapat konsensi menjadi 50 tahun dari sebelumnya hanya 35 tahun, selain itu juga mendapat insentif pengurangan pajak. Tol lainnya yakni Solo-Ngawi dan Kertosono-Mojokerto.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa