Toyota dan Suzuki Sepakat Kerjasama Saling Subtitusi Mobil

Irsyaad Wijaya - Senin, 2 April 2018 | 15:32 WIB
Toyota New Corolla Altis
PT Toyota Astra Motor
Toyota New Corolla Altis

Otomania.com – Subtitusi produk antara dua pabrikan otomotif bukanlah hal baru lagi di pasar global. Salah satunya kerjasama terbaru dilakukan oleh Suzuki dan Toyota, yang akan bertukar mobil untuk dipasarkan dengan bersilang brand.

Jalinan kerjasama itu resmi disiarkan ke publik pada Kamis (29/3/2018) untuk saling bertukar mobil hibrida di India. Toyota akan menerima suplai Baleno dan Vitara Brezza, sedangkan Suzuki akan mendapatkan Corolla.

Silang produk ini dianggap bakal menguntungkan kedua belah pihak, karena akan menyentuh segmen baru yang sebelumnya belum dijamah. Terlebih Suzuki yang bakal merasakan atmosfer persaingan kelas premium di atas Ciaz.

Suzuki Vitara Brezza di GIIAS 2016
Suzuki Vitara Brezza di GIIAS 2016

Salah satu media India memprediksi proyek ini akan mulai berjalan pada tahun depan. Sebenarnya, kerjasama ini bukanlah yang pertama bagi keduanya, tapi sambungan dari sebelumnya pada Februari 2017 lalu.

(BACA JUGA: Bus Merek India Kuasai Bandara Kualanamu, Medan)

Kesepakatan Pada Februari 2017 lalu intinya Suzuki sebagai pabrikan besar di India mengikatkan bisnis dengan Toyota, termasuk juga kolaborasi teknologi serta suplai produk dan komponen.

Lalu, pada November 2017 Suzuki dan toyota umumkan kembali akan pamerkan kendaraan berbaterai listrik mulai 2020 di India.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa