Selisih Harga Ninja 250 di Thailand dan Indonesia Nyaris Rp 10 Juta

Fedrick Wahyu - Minggu, 1 April 2018 | 16:45 WIB
Booth Kawasaki di Bangkok Motor Show 2018
Anton/GridOto
Booth Kawasaki di Bangkok Motor Show 2018

Otomania.com - Pemandangan menarik terjadi di Bangkok Motor Show 2018. Sebab, booth Kawasaki paling banyak menampilkan line-up motornya. Tak ayal, stand mereka seperti menjadi yang paling ramai.

Tak hanya Ninja Series saja yang ditampilkan, bisa dibilang hampir seluruh variannya muncul. Mulai dari Z Series, W Series, Vulcan Series, hingga model trail dan dual-purpose.

Salah satu yang menarik adalah Ninja 250 yang ternyata harganya selisih cukup banyak dengan harga di Indonesia. Di Thailand, hanya ada satu model Ninja 250 yang dijual. Harganya 179.500 Bath atau setara Rp 80,7 jutaan.

(BACA JUGA: Moge Kawasaki Seken yang Dijual Tak Sampai Rp 90 Juta)

Bandingkan saja dengan harga Ninja 250 ABS SE yang dijual di Indonesia, harganya cuma Rp 71,9 juta. Selisihnya saja sampai Rp 8,8 juta, atau di Indonesia Ninja 250 dijual lebih murah.

Soal spesifikasi, tidak ada yang membedakan antara versi Thailand dan Indonesia. Tapi kenapa di sana lebih mahal? Padahal pusat pembuatan Ninja 250 berada di Thailand.

Banyak kemungkinan, salah satunya skema perpajakan di sana berbeda sama Indonesia. Selain itu, PT Kawasaki Motor Indonesia sudah melakukan sistem CKD (Complete Knock Down) alias dirakit di Indonesia untuk Ninja 250 semenjak generasi kedua.

KMI memanfaatkan skema AFTA, sehingga hanya dikenai tarif 0-5 persen untuk produk yang dirakit dengan local content mencapai 40 persen.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa