Jangan Salah Pilih, Ini Beda Trail Kawasaki KX dan KLX Series

Irsyaad Wijaya - Jumat, 9 Maret 2018 | 07:45 WIB
Kawasaki KX 250F
dirtbiketest.com
Kawasaki KX 250F

Otomania.com - Kawasaki masih jadi raja motor trail di Indonesia dan punya dua versi yang berbeda. Varian yang disediakan dari pabrikan Jepang tersebut yakni KX Series dan KLX Series, dan soal harga pasti berbeda.

Dari banderol, KX Series sepertinya lebih mahal. Misalnya, KX250F dijual dari rentang Rp 89 juta-Rp 105 juta. Sedangkan KLX 250S dipatok seharga Rp 64 juta.

Kawasaki KLX 250
Kawasaki
Kawasaki KLX 250

Salah satu faktornya karena pabrikan yang merakit berbeda tempat. Untuk KLX diproduksi di Indonesia, sedangkan KX dibuat di Jepang, jadi berstatus CBU.

Perbedaan lainnya, KX tak dijual secara bebas seperti KLX, hanya bisa dilihat di diler-diler PT Greentech Cakrawala Motorindo, rekanan Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Selain itu, KX juga mengggunakan rancangan mesin special edition khusus kompetisi.

(BACA JUGA: Motor 2X2 Siap Terabas Apa Pun, Termasuk Diadu dengan Kawasaki H2)

Penjelasan juga diberikan oleh Hendry Suandy, Direktur PT Greentech yang mengatakan kalau trail KX tak bisa dikendarai bebas seperti KLX.

"Karena spek kompetisi, KX tidak bisa untuk pemakaian jalan raya. Itu yang mesti kami jelaskan ke konsumen," jelas Hendy dikutip dari Kompas.com, Kamis (8/3/2018).

Kawasaki KX™65
KHI
Kawasaki KX™65

Soal perawatan, Kawasaki KX juga butuh penanganan khusus terutama soal oli yang dipakai. Hendy menjelaskan bahwa pelumas yang digunkan KX250F berjenis Elf Vent Vert yang dibuat spesial untuk motor kelas atas dari Kawasaki.

Berlanjut untuk KX85 dan KX65 yang dijejali dengan mesin 2-tak, wajib pakai oli racing dengan ramuan khusus. Jadi, tak bisa sembarangan gunakan oli samping sembarangan seperti motor pada umumnya.

Ternyata banyak juga bedanya antara KX series dan KLX series. "Mesti kami jelaskan aturan pemakaian dan perawatannya. Karena kasihan konsumen kalau kurang informasi. Nanti beli mahal-mahal, tapi karena kesalahan perawatan malah jadi rusak," kata Hendy.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa