Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Saran Menteri Perindustrian buat Motor Chopper Jokowi, Apa Ya?

Irsyaad Wijaya - Kamis, 29 Maret 2018 | 17:29 WIB
Presiden Joko Widodo memperlihatkan motor modifikasi bergaya chopperland miliknya kepada Menteri Per
Kompas.com
Presiden Joko Widodo memperlihatkan motor modifikasi bergaya chopperland miliknya kepada Menteri Per

Otomania.com - Ternyata pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Menteri Perindusterian Airlangga Hartarto pada Sabtu (24/3/18) di Istana Bogor, selain membicarakan soal politik, juga membahas motor chopper sang Presiden.

Ada saran, kalau Jokowi harus memasang fitur keselamatan. Airlangga yang tengah dipameri Jokowi dengan motor yang berbasis Royal Enfield ini memberi saran agar pasang spion dan lampu sein.

"Untuk industri kreatif roda dua custom motor, kemarin saya sampaikan ke bapak Presiden bahwa yang paling penting safety feature-nya dilengkapi. Safety feature itu seperti kaca spion, kemudian lampu sein," ujar Airlangga saat ditemui usai menghadiri acara OTOMOTIF Award 2018 di Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Tak hanya itu, Airlangga juga mengatakan kalau bahan material yang digunakan juga harus lolos uji sertifikasi, di antaranya ban yang SNI, lalu rangka baja yang digunakan apakah sudah sesuai standar atau tidak. Jika semua lolos barulah kata Airlangga motor custom layak digunakan.

Presiden Joko Widodo menunggangi motor Chopperland miliknya, Sabtu (24/03/2018)
Instagram/@akillaaaa_____putri
Presiden Joko Widodo menunggangi motor Chopperland miliknya, Sabtu (24/03/2018)

Contoh acuan jika ingin menkustom motor, kata Airlangga, bisa meniru Harley-Davidson. Pasalnya, pabrikan tersebut sudah tersertifikasi menciptakan motor yang penuhi unsur safety meskipun bergaya custom.

(BACA JUGA: Ada Kemungkinan Motor Chopper Jokowi Mejeng di IIMS 2018)

"Motor high-end seperti Harley Davidson itu kan modifikasinya banyak. Jenis setangnya seperti apa, kemudian jenis rodanya seperti apa. Jadi ada panduan bagi yang ingin membuat Royal Enfield dan motor lain yang masih satu kelas," ujar Airlangga.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa