Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tren Retro Bisa Picu Produsen Bangkitkan Motor Legendaris

Irsyaad Wijaya - Senin, 19 Maret 2018 | 16:24 WIB
Motor klasik Kawasaki. Masih diminati
Motor klasik Kawasaki. Masih diminati

Otomania.com - Motor jadul atau retro seperti membawa magnet bagi masyarakat Indonesia. Ini bisa dilihat dari banyaknya pemilik motor saat ini yang mengubah tampilan motor modern dibalikkan lagi ke model klasik.

Tapi bagi yang berlebih dana, tak jarang mereka rela memburu motor klasik orisinal yang harganya kadang tak masuk akal. Salah satunya, motor-motor produksi Yamaha diantaranya RX-King yang kini menjadi incaran.

Meskipun motor jadulnya banyak jadi incaran, hal itu tak lantas membuat Yamaha memproduksinya lagi. Pasalnya, menurut Eddy Ang, General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), ini akan membentur peraturan emisi gas buang.

Karena, kebanyakan motor jadul Yamaha berbasis mesin 2-tak yang menjadi hambatan untuk memproduksinya lagi. Zat Karbon pada emisi gas buang mesin 2-Tak dianggap tak bisa penuhi standar EURO III.

(BACA JUGA: Taksiran Biaya Restorasi Motor Sport Klasik Tahun 1980-an)

"Secara pabrikan rasanya sulit (memproduksi ulang), karena regulasi emisi sudah berubah. Bisa saja (diproduksi ulang), tapi apakah vintage akan menjadi virus yang mewabah? Kami masih mengamati," tutur Eddy dikutip dari Kompas.com, Kamis (15/3/2018).

Kawasaki W175 tipe standar.
absoluterespect.com
Kawasaki W175 tipe standar.

Lain halnya dengan Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang manfaatkan tren motor jadul untuk memproduksi motor modern tapi dengan gaya klasik, yakni W175. Pabrikan asal Jepang itu pun juga mengakui alasan dibuatnya motor tersebut karena tren roda dua Tanah Air yang ramai dengan gaya retro.

Menurut pihak KMI, penjualannya saat baru rilis dan belum ada sebulan sudah lampaui target. "Nggak nyangka. Angka yang masuk di diler-diler sudah sampai 1.500-an unit. Mungkin karena kami membuka segmen baru di segmen harga Rp 30 jutaan, jadi peminatnya cukup baik," tutur Deputy Head Sales and Promotion Department KMI, Michael Candra Tanadhi saat ditemui beberapa waktu lalu.

Saat meminta tanggapan ke PT Astra Honda Motor (AHM), kecil peluang untuk produksi motor dengan desain retro atau jadul. Honda Super Cub generasi anyar yang dikenalkan di Jepang sejak Oktober 2017 sebenarnya telah cukup mewakili.

(BACA JUGA: Style Scrambler Klasik kamuflase Kawasaki KLX150)

Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM mengatakan pasar motor retro di Indonesia kecil, terlebih untuk jenis bebek. Itu alasan Super Cub tak dijual di Tanah Air. "Konsumen zaman sekarang ini tahunya skutik," ujar Loman.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa