Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beda Aturan Mesin di Moto3, Moto2, dan MotoGP, Jarang yang Tahu

Fedrick Wahyu - Jumat, 16 Maret 2018 | 09:45 WIB
Juara Moto3, Moto2, dan MotoGP 2017
ohlins.com
Juara Moto3, Moto2, dan MotoGP 2017

Otomania.com - Musim MotoGP 2018 beberapa saat lagi sudah dimulai. Di sana akan ada balapan dari kelas Moto3, Moto2 dan MotoGP.

Tapi, sudah tahu belum aturan-aturan yang ada di tiap kelasnya? Dulu Moto3 dan Moto2 dikenal dengan kelas 125 cc dan 250 cc.

Tapi saat ini sudah berbeda, kelas Moto3 menggunakan mesin 4-tak satu silinder dengan kapasitas mesin 250 cc. Mesin yang digunakan di Moto3 bebas, dalam arti mengikuti pabrikan induk tim. Bisa dibilang mirip MotoGP.

Sedangkan di kelas Moto2, motor yang digunakan berspesifikasi mesin 4-tak empat silinder dengan kapasitas 600 cc. Uniknya motor di Moto2 semuanya berbasis Honda CBR600RR.

(BACA JUGA: Daftar Tim Balap, Pebalap, dan Motor Baru yang Turun di MotoGP 2018)

Mesin Honda CBR600RR dimodifikasi oleh Moriwaki, rumah modifikasi mesin balap asal Suzuka, Jepang. Jadi semua tim di kelas Moto2 menggunakan mesin yang sama Meski begitu, di musim 2019 nanti pemasok mesin di Moto2 akan berganti menjadi Triumph.

Dari sisi mesin memang sama tapi dari sasis berbeda-beda tergantung dari masing-masing tim, dan yang paling mendominasi soal pembuatan sasis adalah Suter dan Kalex. Bisa dibilang mesin bukan penentu kemenangan di kelas Moto2 tapi adalah faktor lainnya.

(BACA JUGA: Ketika Motor MotoGP dan Mobil F1 Diadu)

Kalau MotoGP pasti sudah banyak yang tahu kalau menggunakan mesin prototype 4-tak dan tipe mesin segaris atau V, itu semua tergantung dari tiap pabrikan.

Intinya di MotoGP semua part berbeda tergantung tiap pabrikan, kecuali beberapa part seperti ban dari Michelin dan komponen elektronik dari Magneti Marelli.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa