Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Balapan Berboncengan, Kayak Pacaran

Fedrick Wahyu - Rabu, 28 Februari 2018 | 16:38 WIB
Kelas Sidecar di Isle of Man TT
Motorcyclenews.com
Kelas Sidecar di Isle of Man TT

 

Otomania.com - Mari kita buka wawasan. Balapan bukan cuma MotoGP, Superbike, atau F1. Pernahkah Anda mendengar balap Sidecar? Balapan ini ditunggangi dua pebalap sekaligus, kayak orang pacaran.

Pebalap pertama bertugas mengemudikan motor, sang boncenger punya tugas menyeimbangkan dan membantu saat motor mau berbelok alias bermanuver.

Meski kelihatannya sepele, peran pebalap penyeimbang sangatlah penting, karena Sidecar punya tiga roda yang reaksinya berbeda dibandingkan motor biasa saat menikung.

(BACA JUGA: Ini Sebab Ingar-bingar Balap Superbike Tak Semeriah MotoGP)

Rider penyeimbang akan memosisikan diri sedalam mungkin ke arah tikungan guna meningkatkan gaya sentripetal saat motor menikung. Bahkan, demi bisa menikung setajam mungkin, para rider penyeimbang ini rela melakukan tindakan yang terbilang ekstrem.

Balap Sidecar
Thoughtvoid.com

Kejuaran-kejuaraan yang melombakan kelas Sidecar antara lain, Isle of Man TT, Oliver’s Mount, dan Scarborough Auto 66 Racing.

Balap Sidecar di Isle of Man TT hanya memperbolehkan pakai mesin 501 - 600 cc, 4-tak, 4 silinder dan harus dari motor produksi massal.

Nih, aksi ekstrem para pebalap Sidecar.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa