Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

VW dan Audi Berhenti Jual Mobil Diesel di Indonesia

Irsyaad Wijaya - Senin, 26 Februari 2018 | 09:25 WIB
Audi Q7 bermesin Diesel
Tribunnews
Audi Q7 bermesin Diesel

Otomania.com – Kabar baru diumumkan grup Audi-WV untuk Indonesia. Mereka secara resmi tak lagi menjual varian diesel di Pasar Tanah Air. Hal itu akibat perpanjangan kasus dieselgate VW AG di penjuru dunia.

Pengumuman berhenti mendistribusikan mobil bermesin diesel itu disampaikan oleh Garuda Mataram Motor (GMM) yang merupakan agen pemegang merek VW dan Audi.

Untuk diketahui, kasus dieselgate VW AG tersebut menyeret 11 juta unit mobil di seluruh dunia, pertama kali terjadi di Amerika Serikat tahun 2015 silam.

Perangkat canggih yang bisa tipu emisi saat pengujian dari Volkswagen
kompasOtomotif
Perangkat canggih yang bisa tipu emisi saat pengujian dari Volkswagen

Diketahuinya kasus tersebut dari hasil tes tipe yang saat itu menggunakan mobil bermesin diesel dengan teknologi TDI (Turbocharged Direct Injection) yang terbongkar bisa memanipulasi emisi sewaktu uji tipe.

Perangkat canggih itu bisa menekan saat pengujian saja, tapi selepas digunakan biasa, bisa melonjak hingga 40 kali lipat. Jenis mobil yang telibat saat itu varian tahun 2009 sampai 2015.

“Ke depan, Kami belum mau memasukan diesel dan tidak boleh sama mereka (prinsipal Volkswagen AG) karena punya pengalaman seperti itu mereka tidak berani spekulasi lagi. Bukan dilarang, mereka tidak merekomendasi,” kata Jonas Chendana, Chief Operation Officer GMM.

(BACA JUGA: Beredar Foto Sketsa Volkswagen Touareg Lebih Sporty dan Dinamis)

Bukan hanya itu, kualitas bahan bakar yang ada di Indonesia, juga tak penuhi syarat untuk mesin diesel berstandar Euro VI yang sedang proses perancangan.

“Saya bersyukur selama kami menjadi agen tidak membawa masuk diesel (yang bermasalah), khususnya di sedan kami baik Audi dan Volkswagen. Yang kami jual bukan yang bermasalah,” tutur Jonas.

Sebagai informasi, GMM sebagai APM kedua mobil tersebut pernah menjual mesin diesel pada Volkswagen Caravelle, Touareg, dan Audi Q7.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa