Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

6 Faktor yang Bikin Mesin Diesel Boros BBM

Fedrick Wahyu - Selasa, 19 Desember 2017 | 08:30 WIB
Kenali penyebab mesin diesel nge-lag
Dok Otomotif
Kenali penyebab mesin diesel nge-lag

Otomania.com - Mobil yang menggunakan diesel biasanya irit bahan bakar. Meski begitu, ada beberapa kasus yang pada akhirnya membuat mobil diesel terasa boros.

Mesin diesel terkenal tangguh dan irit BBM. Tapi ketika beberapa komponen bermasalah, mesin diesel bisa saja menjadi boros,” kata Sanusi, Workshop Head Isuzu Astra Biz Centre BSD, Tangerang.

Berikut enam hal yang bikin mobl bermesin diesel boros bahan bakar:

1. Nozzle Injektor Jebol
Pada sistem pembakaran mesin diesel, injektor jadi ujung tombak untuk menyemprotkan solar bertekanan ke ruang bakar. Jika nozzle injector jebol, maka bahan bakar akan keluar dengan jumlah lebih banyak.

Jebolnya noozle injector akan menghasilkan asap hitam yang menandakan proses pembakaran tidak sempurna, akibat campuran solar yang berlebih.

(BACA JUGA: Dimensi Wuling Cortez Vs Toyota Innova Beda Tipis)

2. Sistem Pendingin Bermasalah
Sistem pendingin bertugas untuk menjaga suhu kerja mesin, agar tenaga dan konsumsi bbm seimbang. Jika sistem ini mengalami overcooling, maka konsumsi bahan bakar akan bertambah, karena panas dari pembakaran terbagi untuk tenaga dan memanaskan mesin.

3. AC menyala
Saat AC menyala, kompresor akan bekerja dengan daya yang cukup tinggi, sehingga cukup menguras tenaga mesin. Tapi jika ada masalah pada sistem AC maka akan berpengaruh terhadap konsumsi BBM. Misalnya, AC yang terlalu dingin disebabkan kompresor terus bekerja saat tekanan freon tinggi.

(BACA JUGA: Tips Aman Modifikasi Aksesoris Kelistrikan Motor)

4. Ban Dengan Tapak Lebar
Banyak orang mengganti ban dan pelek dengan ukuran lebih besar agar mobil terlihat lebih keren. Memang ban besar membuat tampilan mobil lebih oke tapi juga memerlukan energi lebih besar untuk menggerakannya.

5. Kondisi Jalan
Anda pasti tahu data konsumsi bahan bakar antara rute dalam kota dan luar kota berbeda. Rute dalam kota biasanya lebih boros, karena banyak lampu merah dan macet. Meski begitu, jalan yang naik-turun, seperti puncak juga bisa menyebabkan konsumsi BBM lebih boros.

(BACA JUGA: Wuling Pesaing Innova Diperkenalkan di Indonesia)

6. Cara Mengemudi
Cara mengemudi juga jadi faktor penentu irit tidaknya mobil, jika mengemudinya seenaknya, ya pasti jadi boros. Mobil yang dikendarai dengan manuver dan rem mendadak akan membuat mesin bekerja lebih keras. Sehingga solar yang dibutuhkan akan lebih banyak, dan konsumsi BBM akan semakin boros.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa