Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Angkot Toyota dan Wuling dengan Tempat Duduk Hadap Depan Sudah Tampil

Fedrick Wahyu - Rabu, 31 Januari 2018 | 09:05 WIB
Bakal menggunakan Avanza?
Pemda DKI
Bakal menggunakan Avanza?

Otomania.com - Kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengganti angkutan kota (angkot) dengan mobil bertipe MPV, mulai tampak nyata. Hal itu terbukti dari disetujuinya usulan angkot ber-AC dengan jok menghadap ke depan oleh Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda).

Selasa (30/1/2018), dua unit angkot baru ini diperlihatkan di Balai Kota DKI Jakarta. Hal ini dilakukan agar Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Kepala Dinas Perhubungan Andri Yansah, dan jajaran pejabat DKI lainnya bisa melihat langsung angkot baru ini.

Dua angkot tersebut menggunakan Wuling Confero dan Toyota Transmover. Angkot baru ini dilengkapi dengan teknologi digital bertuliskan rute angkot di atap mobil.

(BACA JUGA: Jadi Angkot DKI, Avanza Termurah Siap Tarung)

Konsep angkot ber-AC dan jok menghadap depan ini mampu mengangkut enam penumpang dan satu sopir. Sandiaga Uno pun sempat menjajal angkot baru ini. Ia duduk di jok samping baris paling belakang untuk merasakan kenyamanannya.

"Masih longgar ini di belakang, masih nyaman," kata Sandi.

Shafruhan Sinungan, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Organda DKI Jakarta mengatakan bahwa saat ini ada 10 unit angkot seperti ini yang siap beroperasi.

"Konsep ini sudah disetujui Dishub maupun Pak Wagub, sudah ada 10 unit yang siap operasi tinggal tunggu kelengkapan administrasi seperti KIR dan persyaratan administrasi lainnya," kata dia.

(BACA JUGA: Regulasi Baru Persempit Pemain dan Produksi Angkot di Karoseri)

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Andri Yansyah sempat mengatakan, pihaknya tidak menolak usulan aturan jok menghadap ke depan dari Organda. Ia mengatakan, usulan itu muncul terkait kewajiban pemasangan penyejuk udara (AC) di angkot.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa