Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bagaimana Kelanjutan Angkot Pakai Avanza dan Wuling Confero?

Fedrick Wahyu - Selasa, 9 Januari 2018 | 14:30 WIB
Toyota Avanza versi angkot hasil olah digital
Instagram @joricer_design
Toyota Avanza versi angkot hasil olah digital

Otomania.com - Kabar mengenai Toyota Avanza (Transmover) dan Wuling Confero menjadi angkutan kota (angkot) banyak diperbincangkan masyarakat.

Langkah menggunakan mobil "yang tak lazim" di kelas low MPV sebagai angkot ini sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM), tertuang dalam Permenhub 29 Tahun 2015 dan akan diterapkan mulai Februari 2018.

Dian Asmahani, Brand Manager SGMW Motor Indonesia, perusahaan yang membawahi merek Wuling, di Indonesia, menjelaskan bahwa hal ini masih dalam proses dengan tim terkait.

Hasil rendering Honda Mobilio versi angkot
Instagram @bmrtg_auto_design
Hasil rendering Honda Mobilio versi angkot

"Sekarang kami sedang proses penjajakan dan menelaah lebih lanjut dari kebutuhan yang diperlukan Organda untuk angkutan umum," ujar Dian melalui pesan singkat, Senin (8/1/2018) dikutip dari KompasOtomotif.

(BACA JUGA: Ketika Mitsubishi Xpander Dipakai untuk Angkot Bogor)

Sama halnya dengan Toyota, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, juga mengatakan masih menunggu kabar dari Organda.

Saat menghubungi Ketua Organda DKI Jakarta, Shafruhan Sinungan, menurutnya kedua merek tersebut sudah siap untuk memenuhi kebutuhan angkot di DKI Jakarta.

Digital modifikasi Mitsubishi Xpander menjadi angkot
Instagram @mobilgue
Digital modifikasi Mitsubishi Xpander menjadi angkot

"Tetapi masih dikaji lebih dalam, kita akan membicarakan semua ini ke Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Lusa (10/1/2018) saya akan langsung menghadap bapak Gubernur untuk membicarakan persoalan ini," ujar Shafruhan.

Jika kabar ini terwujud, angkot tersebut tidak akan menggunakan karoseri, melainkan tetap seperti pabrikannya. Jadi menurutnya bangku baris kedua sebelah kiri akan dihilangkan untuk akses keluar masuk penumpang.

Pemilihan mobil dari agen pemegang merek (APM) dilakukan karena demi memberikan pelayanan maksimal untuk masyarakat serta menjamin harga after sales.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa