Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Detail Kendaraan Tempur yang Ditumpangi Jokowi di Mabes TNI

Fedrick Wahyu - Rabu, 24 Januari 2018 | 17:12 WIB
Kendaraan tempur yang ditumpangi Jokowi di Mabes TNI
Agus Suparto/Fotografer Kepresidenan
Kendaraan tempur yang ditumpangi Jokowi di Mabes TNI

Otomania.com - Dalam rapat pimpinan TNI/Polri di kompleks Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur (23/1/2018), Presiden Jokowi tampak menumpangi kendaraan sejenis mobil jip yang seperti sudah dimodifikasi menjadi kendaraan militer.

Namun, kalau diperhatikan lebih detail, mobil itu sebenarnya bukanlah jip modifikasi, melainkan mobil militer asli, yakni P6-ATAV (All Terrain Assault Vehicle). Kendaraan tempur ini merupakan produksi dari perusahaan swasta dalam negeri bernama PT Sentra Surya Ekajaya (PT SSE).

(BACA JUGA: Chopper Milik Jokowi, yang Spesial Adalah Frame-nya)

PT SEE membuat kendaraan itu dari material steel high grade dan dual alumunium yang membuatnya terlihat sangat kokoh dan kekar. Desain dari P6-ATAV menyerupai mobil tubular yang tidak dilengkapi pintu. Sengaja dibikin seperti itu agar memudahkan para prajurit keluar-masuk kendaraan.

P6-ATAV, kendaraan tempur yang dinaiki Jokowi
indomiliter.com
P6-ATAV, kendaraan tempur yang dinaiki Jokowi

P6-ATAV memiliki panjang 4.600 mm, lebar 2.300 mm, dan tinggi 1.500 mm dengan bobot sekitar 2.000 kg. Bagian kaki-kaki kendaraan ini pun tidak main-main, ban yang disematkan pada P6-ATAV ini berjenis run flat yang mampu menahan proyektil peluru.

(BACA JUGA: Gara-gara Jokowi, Satu Pejabat Lagi Ikut Pesan Motor Chopper)

Karena fungsinya sebagai kendaraan militer, sudah pasti mobil ini dilengkapi dengan bodi anti peluru dan dudukan senjata.

Ada tiga dudukan senjata di kendaraan ini, yakni di atas, serta samping kanan dan kiri. Dudukan atas diberi senjata berjenis FN MAG kaliber 7,62 mm dan yang samping kanan dan kiri dibekali senjata FN Minimi kaliber 5,56 mm.

Dari sisi dapur pacu, P6-ATAV dibekali mesin turbo diesel 4 silinder dengan kapasitas mesin 2.300 cc. Mesin kendaraan ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 142 dk dengan kecepatan maksimalnya 120 km/jam dan bertransmisi otomatis.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa