Moge Yamaha MIlik Polisi Ini Terkenal Tangguh Dan Lincah Saat Mengawal

Irsyaad Wijaya - Senin, 22 Januari 2018 | 18:25 WIB
Yamaha XJ900P yang sering terlihat dan digunakan satuan lalu lintas polri
wikimedia commons
Yamaha XJ900P yang sering terlihat dan digunakan satuan lalu lintas polri

Otomania.com - Saat melakukan pengawalan, entah presiden atau pejabat pemerintahan lainnya satuan lalu lintas Polri paling sering menggunakan Yamaha XJ9000P. Ternyata tipe ini dianggap paling gesit dari moge polisi lainnya.

Informasi sedikit, moge tersebut sebenarnya adalah motor touring yang punya kubikasi mesin 892 cc. Sistem suplai bahan bakarnya masih menggunakan karburator, dan juga belum menggunakan radiator sebagai pendingin mesinnya.

Bukan hanya pihak kepolisian yang menggunakan XJ900P, TNI pun memakainya sebagai pengawalan. Di tubuh TNI, yang umum menggunakannya pihak Detasemen Polisi Militer (Den Pom).

Alasan dipilihnya moge dari pabrikan berlambang Garpu Tala ini karena ketangguhannya dan lincah saat membuka arus yang sedang ramai. Hal itu diperkuat dari penuturan Suyono, owner bengkel Merzyta Motor yang kerap mendapat pasien moge XJ900P satu ini.

"P900 handling sama larinya enak, perawatannya juga terjangkau dan jarang trouble di jalan," tutur Suyono seperti dikutip dari Kompas.com.

(BACA JUGA: Kenalan dengan 4 Jenis Moge Pengawal Presiden RI)

Selain itu, Suyono juga kerap mendapat keluhan dari saudara Yamaha XJ900P, yaitu moge yang juga digunakan kepolisian untuk pengawalan yaitu FJR1300.

Suyono mengatakan keluhan yang didapat moge FJR1300 ini tak tahan dengan suhu panas di Indonesia karena sering overheat.

Yamaha FJR1300 milik Satuan Lalu lintas Kepolisian
edorusyanto.wordpress.com
Yamaha FJR1300 milik Satuan Lalu lintas Kepolisian

Padahal pada moge FJR1300 ini sudah gunakan sistem pendinginan cairan, yaitu radiator berbeda dengan XJ900P yang masih pakai pendingin udara tapi tak pernah bermasalah dengan suhu.

(BACA JUGA: Harley-Davidson Bawa Dua Produk Baru)

"FJR 1300 itu sering overheat. Sepertinya tidak sesuai dengan iklim kita apalagi dengan kondisi jalan yang macet," terang Yono.

Tapi, dengan bakal datangnya BMW R1200GS sebagai armada baru, mungkinkah Yamaha XJ900P ini akan tergusur?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa